• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Metode Pendidikan Kesehatan Melalui Media Audiovisual Terhadap Kesiapsiagaan Bencana Banjir Pada Siswa Sekolah Dasar di Desa Kemiri Jember

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI_172310101139_DINDA SISWI.pdf (1.890Mb)
    Date
    2022-09-05
    Author
    AWALIYAH, Dinda Siswi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bencana banjir merupakan bencana yang paling sering terjadi di dunia dan tak terkecuali Indonesia. Presentase kejadian bencana banjir di Indonesia sebesar 32% menurut BNPB. Kabupaten Jember khususnya Desa Kemiri menjadi salah satu daerah yang rawan banjir saat hujan deras datang. Anak-anak menjadi salah satu kelompok yang paling rentan dan paling sering menjadi korban saat bencana terjadi. Hal ini dapat terjadi karena masih rendahnya wawasan mengenai sikap yang harus dilakukan saat terjadi bencana. Salah satu faktor yang paling mempengaruhi adalah sikap kesiapsiagaan bencana pada anak-anak masih kurang bahkan belum ada. Untuk itu diperlukan pemberian informasi atau pendidikan kesehatan pada anak-anak terkait tindakan yang tepat yang harus diambil saat bencana yang disebut dengan kesiapsiagaan bencana. Kesiapsiagaan bencana merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengantisipasi kejadian bencana melalui langkah yang tepat dan berdaya guna. Dengan memunculkan sikap kesiapsiagaan melalui pendidikan kesehatan pada anak diharapkan dapat meminimalisir korban yang jatuh saat bencana terjadi. Dalam memberikan pendidikan kesehatan, diperlukan media pembelajaran yang menarik untuk membantu pemateri mencapai keberhasilan proses pembelajaran salah satunya dengan media audiovisual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Efektivitas Metode Pendidikan Kesehatan Melalui Media Audiovisual Terhadap Kesiapsiagaan Bencana Banjir pada Siswa Sekolah Dasar di Desa Kemiri. Desain penelitian menggunakan Preexperimental designs dengan bentuk pendekatan One Group Pretest Posttes Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling yaitu seluruh siswa kelas 5 SDN 01 Kemiri sebanyak 20 responden. Instrumen penelitian dalam pengumpulan data yaitu lembar karakteristik responden dan kuisioner kesiapsiagaan bencana banjir. Analisa data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank dengan signifikan 0,05 (α<0,05) untuk mengetahui pengaruh perlakuan pendidikan kesehatan menggunakan media audiovisual. Hasil penelitian berdasarkan karakteristik responden pada penelitian ini dilihat dengan usia dan jenis kelamin. Karakteristik responden berdasarkan usia pada rentang 10-12 tahun, dengan usia paling banyak 11 tahun sebanyak 11 siswa (55%). Berdasarkan jenis kelamin paling banyak siswa perempuan dengan frekuensi 12 siswa (60%). Hasil pretest tingkat pengetahuan terkait kesiapsiagaan bencana menunjukkan bahwa siswa masih memiliki tingkat pengetahuan yang masih rendah. Distribusi kategori kesiapsiagaan bencana responden yaitu 7 siswa siap (35%), 7 siswa hampir siap (35%), dan 6 siswa kurang siap (30%). Hasil posttest tingkat pengetahuan kesiapsiaagn bencana pada siswa menunjukkan distribusi kategori sangat siap 5 siswa (25%), siap 5 siswa (25%), hampir siap 8 siswa (40%), dan kurang siap 2 siswa (10%). Hasil penelitian dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank mendapatkan hasil p-value sebesar 0,032 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendidikan kesehatan melalui media audiovisual terhadap kesiapsiagaan bencana banjir siswa di kelas 5 SDN 01 Kemiri Jember. Melihat hasil analisis penelitian tersebut disimpulkan bahwa pemberian pendidikan kesehatan melalui media audiovisual merupakan metode yang efektif guna meningkatkan sikap dan pengetahuan kesiapsiagaan bencana banjir. Implikasi bagi keperawatn pada penelitian ini adalah dapat menggambarkan peran yang dilakukan oleh perawat sebagai tenaga pendidik atau edukator. Perawat dapat memanfaatkan media audiovisual seperti video yang menarik untuk memberikan pendidikan kesehatan terkait kesiapsiagaan bencana banjir. dengan adanya pemberian informasi mennggunakan metode pendidikan kesehatan pada anak-anak seperti siswa dapat memperoleh dan meningkatkan pengetahuan yang kemudian dapat diimplementasikan saat bencana terjadi
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115774
    Collections
    • UT-Faculty of Nursing [1621]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository