• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan E-modul Berbasis SRLl (Self Regulated Learning) untuk Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah dengan Model 4D

    Thumbnail
    View/Open
    Zulfi Izza Ayu Maharani - 170210302047.pdf (3.293Mb)
    Date
    2022-12-15
    Author
    MAHARANI, Zulfi Izza Ayu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sistem pendidikan abad 21 memiliki tujuan utama untuk menyelaraskan kebutuhan siswa mengenai penggunaan teknologi. Pendidik dituntut untuk berinovasi dalam pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik, khususnya dalam pembelajaran sejarah. Namun hasil penelitian terdahulu menunjukkan bahwa terdapat permasalahan dalam pembelajaran sejarah, khususnya dalam pemanfaatan sumber belajar. Terhadap hasil analisis kinerja pendidik, sumber belajar yang digunakan masih berupa bahan ajar cetak yaitu menggunakan sumber belajar LKS dan buku teks. Tujuan utama dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemandirian siswa sebelum dan sesudah menggunakan modul elektronik berbasis SRL dalam pembelajaran sejarah. Model SRL terbukti dapat digunakan sebagai solusi dalam pembelajaran. Penelitian sebelumnya menyatakan bahwa model SRL memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemandirian siswa pada semua jenjang pendidikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yaitu model 4D, dengan empat tahapan yaitu define, design, develop, dan diseminate. Subyek penelitian ini adalah 102 siswa kelas XI SMA se-Kabupaten Jember. Berdasarkan hasil penelitian E-Modul berbasis SRL untuk meningkatkan kemandirian, peningkatan kelompok kecil diperoleh nilai 81,5% dengan kualifikasi “sangat tinggi”. Sedangkan pada uji coba lapangan diperoleh peningkatan kemampuan kemandirian sebesar 85,8% dengan kualifikasi “sangat tinggi”. Dengan demikian, pengembangan e-modul berbasis SRL efektif digunakan sebagai sumber belajar sejarah peminatan dan dapat meningkatkan kemandirian peserta didik.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115734
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15369]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository