dc.contributor.author | CENDEKIA, Galih Insan | |
dc.date.accessioned | 2023-05-02T07:39:46Z | |
dc.date.available | 2023-05-02T07:39:46Z | |
dc.date.issued | 2023-01-09 | |
dc.identifier.nim | 191910301093 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115719 | |
dc.description.abstract | Jalan merupakan salah satu infrastruktur pendukung dalam
pembangunan dan mobilitas ekonomi maupun penduduk. Kondisi
jalan yang baik akan mempengaruhi kelancaran dari mobilitas suatu
daerah. Namun jika kondisi perkerasan jalan kurang baik maka akan
menyebabkan berbagai masalah, mulai dari kemacetan hingga
menjadi faktor penyebab kecelakaan di jalan. Lokasi penelitian ini
berada di Jalan Raya Totok Kerot Kabupaten Kediri yang merupakan
jalan penghubung Kabupaten Kediri dengan Kabupaten Jombang.
Jalan yang diteliti sepanjang 1 km dengan membaginya menjadi 20
segmen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan tingkat
kerusakan jalan yang terjadi pada Jalan Raya Totok Kerot Kabupaten
Kediri, mencari pengaruh kerusakan terhadap kecepatan kendaraan,
dan perbaikan yang sesuai berdasarkan jenis kerusakan jalan.
Metode pengambilan data yang digunakan adalah survei lapangan
untuk mendapatkan data geometrik, data kerusakan jalan, dan data
kecepatan kendaraan. Data kerusakan jalan dianalisis dengan
metode PCI untuk selanjutnya dilakukan uji korelasi dengan
kecepatan menggunakan model regresi linier.
Pada Jalan Raya Totok Kerot Kabupaten Kediri terdapat 8
jenis kerusakan antara lain retak buaya, amblas, keriting, retak
pinggir, tambalan, lubang, pelapukan dan butiran lepas, dan retak
blok. Berdasarkan analisis kerusakan metode PCI kondisi perkerasan
untuk ruas yang diteliti cenderung bervariasi untuk setiap
segmennya, mulai dari kondisi sempurna hingga gagal. Hasil analisis
regresi linier sederhana disimpulkan terdapat pengaruh kuat antara
kecepatan dan nilai PCI dengan persamaan Y = 0,554X. Bentuk
perbaikan kerusakan jalan Totok Kerot sesuai dengan rekomendasi yang
telah ada namun prioritas perbaikan sebaiknya adalah kerusakan dengan
jumlah yang dominan dan menyebabkan kendaraan melambat | en_US |
dc.description.sponsorship | Ir. Akhmad Hasanuddin S.T.,M.T.
Tatang Maulana Maliq, S.T., M.T. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Teknik | en_US |
dc.subject | PCI | en_US |
dc.subject | KECEPATAN | en_US |
dc.subject | PERKERASAN JALAN | en_US |
dc.subject | REGRESI | en_US |
dc.subject | KERUSAKAN JALAN | en_US |
dc.title | Evaluasi Kondisi Perkerasan Jalan dengan Metode PCI dan Pengaruh terhadap Kecepatan Kendaraan (Studi Kasus Jalan Raya Totok Kerot Kab Kediri) | en_US |
dc.title.alternative | Evaluasi Kondisi Kerusakan Jalan dan Pengaruh Terhadap Kecepatan Kendaraan | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | S1 Teknik Sipil | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Ir. Akhmad Hasanuddin S.T.,M.T. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Tatang Maulana Maliq, S.T., M.T. | en_US |
dc.identifier.validator | Finalisasi tanggal 2 Mei 2023_M.Arif Tarchimansyah | en_US |
dc.identifier.finalization | Finalisasi tanggal 2 Mei 2023_M.Arif Tarchimansyah | en_US |