• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Evaluasi Kondisi Perkerasan Jalan dengan Metode PCI dan Pengaruh terhadap Kecepatan Kendaraan (Studi Kasus Jalan Raya Totok Kerot Kab Kediri)

    Thumbnail
    View/Open
    EVALUASI TINGKAT KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE PCI DAN PENGARUH TERHADAP KECEPATAN KENDARAAN (Studi Kasus Jalan Raya Totok Kerot Kab Kediri) (5.444Mb)
    Date
    2023-01-09
    Author
    CENDEKIA, Galih Insan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jalan merupakan salah satu infrastruktur pendukung dalam pembangunan dan mobilitas ekonomi maupun penduduk. Kondisi jalan yang baik akan mempengaruhi kelancaran dari mobilitas suatu daerah. Namun jika kondisi perkerasan jalan kurang baik maka akan menyebabkan berbagai masalah, mulai dari kemacetan hingga menjadi faktor penyebab kecelakaan di jalan. Lokasi penelitian ini berada di Jalan Raya Totok Kerot Kabupaten Kediri yang merupakan jalan penghubung Kabupaten Kediri dengan Kabupaten Jombang. Jalan yang diteliti sepanjang 1 km dengan membaginya menjadi 20 segmen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan tingkat kerusakan jalan yang terjadi pada Jalan Raya Totok Kerot Kabupaten Kediri, mencari pengaruh kerusakan terhadap kecepatan kendaraan, dan perbaikan yang sesuai berdasarkan jenis kerusakan jalan. Metode pengambilan data yang digunakan adalah survei lapangan untuk mendapatkan data geometrik, data kerusakan jalan, dan data kecepatan kendaraan. Data kerusakan jalan dianalisis dengan metode PCI untuk selanjutnya dilakukan uji korelasi dengan kecepatan menggunakan model regresi linier. Pada Jalan Raya Totok Kerot Kabupaten Kediri terdapat 8 jenis kerusakan antara lain retak buaya, amblas, keriting, retak pinggir, tambalan, lubang, pelapukan dan butiran lepas, dan retak blok. Berdasarkan analisis kerusakan metode PCI kondisi perkerasan untuk ruas yang diteliti cenderung bervariasi untuk setiap segmennya, mulai dari kondisi sempurna hingga gagal. Hasil analisis regresi linier sederhana disimpulkan terdapat pengaruh kuat antara kecepatan dan nilai PCI dengan persamaan Y = 0,554X. Bentuk perbaikan kerusakan jalan Totok Kerot sesuai dengan rekomendasi yang telah ada namun prioritas perbaikan sebaiknya adalah kerusakan dengan jumlah yang dominan dan menyebabkan kendaraan melambat
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115719
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4299]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository