Rancang Bangun Sistem Pengendali Kecepatan Motor Brushless Direct Current Pada Kendaraan Listrik Menggunakan Metode Fuzzy Inference System
Abstract
Motor Direct Current adalah jenis motor yang paling banyak digunakan
hal ini dikarenakan kemudahan dalam pengendalian kecepatan. Namun pada
motor Direct Current menggunakan komutator mekanik yaitu sikat sehingga
memiliki rugi-rugi gesekan pada komuntator serta pemeliharaan yang rutin atau
penggantian sikat secara berkala. Untuk mengatasi masalah tersebut, dipilih motor
Brushless Direct Current karena memiliki beberapa keunggulan dari pada motor
Direct Current biasa, keunggulan tersebut antara lain adalah memiliki efisiensi
yang lebih tinggi dan tidak menggunakan sikat sehingga bisa tahan lama.
Sistem pengendali digunakan untuk optimalisasi kerja mesin
listrik kendaraan. Sistem pengendali Brushless Direct Current jenis Permanent
Magnet ini menggunakan motor dengan daya nomial sebesar 350 Watt, sedangkan
tegangan sumber pada motor Brushless Direct Current yang digunakan sebesar 36
Volt DC dari sumber energi baterai. Dalam perancangan sistem pengendali motor
Brushless Direct Current tanpa menggunakan metode FIS dan menggunakan
metode FIS. Dalam pengujian dilakukan uji akselerasi, uji deselerasi dan uji
efisiensi sistem pada sistem pengendali motor Brushless Direct Current.
Pada saat pengujian dinamis tanpa menggunakan metode FIS hasil
efisiensi sistem dalam satuan jarak tempuh per energi yaitu dengan jarak total
lintasan sepanjang 2400 m diperoleh energi yang dikeluarkan sebesar 6,7 Wh
dengan efisiensi sistem dalam satuan jarak per energi sebesar 358,2 km/kWh.
Sedangkan menggunakan metode FIS diperoleh energi yang dikeluarkan sebesar
6,3 Wh dengan efisiensi sistem dalam satuan jarak per energi sebesar 380,95
km/kWh.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [3866]