dc.description.abstract | Salah satu bentuk peningkatan mutu pendidikan yaitu dengan menggunakan
model pembelajaran yang melibatkan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran.
Berdasarkan hasil observasi di SDN Wringinagung 02 yaitu (1) guru menggunakan
metode ceramah; (2) guru tidak menggunakan media pembelajaran; (3) dalam
kegiatan belajar mengajar guru kurang melibatkan siswa untuk aktif dan
berpartisipasi pada saat proses pembelajaran. Pembelajaran kooperatif tipe Think-
Pair- Share (TPS) merupakan salah satu model pembelajaran dengan menggunakan
metode pembelajaran diskusi kelompok secara perpasangan. Think- Pair- Share dapat
meningkatkan kemampuan siswa dalam mengingat suatu informasi. Seorang siswa
belajar dari teman, dari siswa lain dan saling menyampaikan idenya untuk
didiskusikan sebelum disampaikan di depan kelas. Media gambar sebagai sarana
pembelajaran agar siswa mudah menerima materi pelajaran. Rumusan masalah
penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif
tipe Think- Pair- Share (TPS) menggunakan media gambar dapat meningkatkan
aktivitas belajar siswa kelas IVB SDN Wringinagung 02 Kecamatan Jombang
Kabupaten Jember?; (2) bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif
tipe Think- Pair- Share (TPS) menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil
belajar siswa kelas IVB semester gasal SDN Wringinagung 02 Kecamatan Jombang
Kabupaten Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) meningkatkan aktivitas
belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think- Pair- Share (TPS) menggunakan media gambar pada mata pelajaran IPS kelas IVB di
SDN Wringinagung 02; (2) meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan
model pembelajaran Think- Pair- Share (TPS) dengan media gambar pada mata
pelajaran IPS kelas IVB semester gasal di SDN Wringinagung 02.
Penelitian ini dilakukan di SDN Wringinagung 02 kecamatan Jombang
kabupaten Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek
penelitian menggunakan metode purposive sampling area yaitu di kelas IVB dengaan
jumlah siswa 28 yang terdiri dari 13 siswa laki- laki dan 15 siswa perempuan.
Sumber data diperoleh dari siswa dan guru kelas IVB. Desain penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah model skema spiral dari Hopkins dengan
tahapan penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action),
pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Perolehan data dalam penelitian
ini menggunakaan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Analisis data
yang digunakan yaitu analisis data kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas belajar siswa mengalami
peningkatan dari prasiklus ke siklus I adalah 49,29% menjadi 69,52% dan dan
aktivitas siswa pada siklus II yaitu 78,10%. (2) Hasil belajar prasiklus, siklus I, siklus
II mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasaan belajar 42,86% menjadi
60,71% pada siklus II meningkat dengan persentase ketuntasan 71,43%.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar IPS siswa kelas IVB SDN Wringinagung 02 Jember pokok bahasan
keanekaragaman suku bangsa dan budaya Indonesia tahun pelajaran 2011/2012.
Saran dari hasil penelitian ini adalah guru harus dapat menggunakan pengetahuan dan
keterampilan serta penggunaan media pembelajaran untuk mengembangkan suasana
pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan. Siswa lebih aktif, dapat bekerja
dengan kelompok dan tidak malu mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Bagi
sekolah, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pedoman untuk meningkatkan
kualitas mengajar guru. Bagi peneliti dapat digunakan untuk mengembangkan
pengetahuan dan keterampilan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. | en_US |