• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Prosedur Akuntansi Pajak Reklame pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Angraeni Endah Widhiarta_020803104198.SS.pdf (1.677Mb)
    Date
    2005-09-24
    Author
    Widhiarta, Angraeni Endah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu sumber pendapatan suatu daerah adalah pajak dan retribusi sebagaimana ditegaskan dalam Undang-undang Nomor 5 Tahun 1974 tentang pokok-pokok pemerintahan di daerah, pajak dan retribusi merupakan sumber pendapatan daerah agar daerah dapat mengatur otonominya, yaitu mampu mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri, disamping penerimaan yang berasal dari pemerintah berupa subsidUbantuan dan bagi hasil pajak dan bukan pajak. Sejalan dengan tujuan yang ingin dicapai dengan pembentukan Undang undang ini, maka Undang-undang menetapkan ketentuan-ketentuan pokok yang memberikan pedoman kebijaksanaan dan arahan bagi daerah dalam pelaksanaan pemungutan pajak dan retribusi, sekaligus menetapkan pengaturan yang cukup rinci untuk menjamin penerapan prosedur umum perpajakan daerah dan retribusi. Pemerintah Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan penghimpunan pajak daerah dan retribusi daerah membentuk Dinas Pendapatan Daerah agar dapat mengatur penerimaan yang berasal dari pajak dan bukan pajak yang menjadi sumber pembiayaan penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan daerah, untuk meningkatkan dan meratakan kesejahteraan masyarakat. Salah satu pajak yang pemungutannya dilakukan di daerah Kabupaten Jember adalah reklame, yang memiliki potensi cukup kuat bagi Kabupaten Jember. Fungsi reklame sendiri adalah memperkenalkan, menganjurkan, atau memujikan suatu barang, jasa atau orang, ataupun untuk menarik perhatian umum kepada sesuatu barang, jasa, orang yang ditempatkan atau dapat dilihat, dibaca, dan/atau didengar dari suatu tempat oleh umum, kecuali yang dilakukan oleh Pemerintah. Makin banyak pihak yang menggunakan reklame sebagai sarana promosi, maka diperlukan Peratuaran Daerah Kabupaten Jember nomoT 15 tahun 2002 tentang pajak reklame dan Surat Keputusan Bupati Jember nomor 114 tahun 2002 tentang Petunjuk Pelaksanaan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115502
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12455]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository