Dynamic Shot Mendukung Visualisasi Women Empowerment Pada Iklan MKS' Shoes: What Make Us Women (2021)
Abstract
Iklan MKS' Shoes What Make Us Women mengekspresikan pikiran, perasaan, dan cerita dengan merayakan dan merangkul semua kisah unik menjadi seorang perempuan. Women empowerment menjadi suatu cara pandang tentang ekspresi perempuan dan kebebasan diri yang menarik dikaji lebih dalam. Women empowerment lebih detail menjelaskan tentang stereotip gender dari tekanan patriarki yang dikontruksi oleh masyarakat umum tentang kelemahan perempuan menjadi kekuatan dan keberdayaan perempuan. Fokus penelitian pada dynamic shot, visualisasi ekspresi dan kebebasan pemeran dalam iklan MKS’ Shoes What Make Us Women. Menggunakan dynamic shot sebagai teori utama dan women empowerment sebagai teori pendamping untuk menganalisis visualisasi iklan MKS’ Shoes What Make Us Women. Subjek penelitian menggunakan iklan MKS’ Shoes: What Make Us Women sebagai sumber informasi penelitian. Objek penelitian menggunakan dynamic shot dalam mendukung women empowerment. Penggunaan dynamic shot mewujudkan visualisasi yang dapat mendukung penyampaian dan penekanan terhadap pernyataan women empowerment. Bentuk ekspresi dari suasana hati, kepercayaan diri, dan keberanian keempat karakter melawan stereotip gender perempuan yang muncul dapat membuat mereka bebas mengekspresikan diri. Pengambilan gambar handheld, dolly in, dan dolly out diterapkan secara maksimal dalam upaya menyampaikan women empowerment dapat memaksimalkan dua penyampaian. Pernyataan “That’s what make us women” menekankan bahwa seperti itulah kebebasan berekspresi seorang perempuan.