Show simple item record

dc.contributor.authorHAYATI, Eka Agusdina Nur
dc.date.accessioned2023-04-13T03:38:07Z
dc.date.available2023-04-13T03:38:07Z
dc.date.issued2020-01-09
dc.identifier.nim160210204118en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115249
dc.description.abstractBuku siswa merupakan sumber belajar yang dijadikan pedoman bagi siswa yang digunakan selama proses pembelajaran. Buku siswa disusun untuk mendukung tercapainya tujuan Kurikulum, dengan mengembangkan kompetensi siswa dalam ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara menyuluruh. Pada saat KK-PLP peneliti menemukan ketidaksesuaian pada buku guru dengan buku siswa terdapat pada Subtema 1 Pembelajaran 5 dalam tema “Selalu Berhemat Energi”. Kegiatan yang tertulis di Buku Guru halaman 33 yaitu siswa membaca teks Minyak Bumi dengan teliti. Ada dua teks yang seharusnya dibaca siswa seperti yang ada di dalam Buku Guru, namun di dalam Buku Siswa hanya terdapat satu teks yaitu di halaman 25. Berdasarkan hal tersebut diperlukan adanya analisis yang mendalam untuk mengkaji kekurangan dan kelebihan buku siswa kelas IV SD dengan tema peduli terhadap makhluk hidup Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Salah satu jenis penelitian yang menggunakan penelitian deskriptif ialah analisis isi (content analysis) atau kajian isi. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku tematik siswa kelas IV SD Kurikulum 2013 dengan tema peduli terhadap makhluk hidup terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Instrumen yang digunakan berupa pedoman analisis kesesuaian kompetensi dasar dengan materi atau kegiatan pembelajaran, kesesuaian pendekatan saintifik, kesesuaian materi atau kegiatan dengan sikap, keterampilan, dan pengetahuan, kesesuaian media gambar, serta kedalaman materi. Hasil penelitian dapat dipaparkan sebagai berikut: pertama, kesesuaian kompetensi dasar dengan materi atau kegiatan pembelajaran, dari 54 materi atau kegiatan pembelajaran yang sesuai berjumlah 46 dengan skor 85,18% dan materi atau kegiatan pembelajaran yang tidak sesuai berjumlah 8 dengan skor 14,81%. Kedua, kesesuaian pendekatan saintifik dari 18 pembelajaran hanya terdapat 2 pembelajaran yang tidak sepenuhnya terdapat komponen pendekatan saintifik dengan skor 88,89%. Ketiga, kesesuaian materi atau kegiatan dengan sikap, keterampilan, dan pengetahuan dengan rincian (1) terdapat 114 kegiatan yang sesuai dengan kompetensi keterampilan atau berjumlah 37,62%, (2) terdapat 87 kegiatan yang sesuai dengan kompetensi pengetahuan atau berjumlah 28,71%, (3) terdapat 102 kegiatan yang sesuai dengan kompetensi sikap atau berjumlah 33,66%. Keempat, kesesuaian media gambar, dari 74 gambar terdapat 69 media gambar yang sesuai atau berjumlah 93,05% dan terdapat 5 media gambar yang tidak sesuai dengan skor 6,94%. Kelima, kedalaman materi 324 indikator hanya terdapat 166 indikator yang sesuai dengan skor 51,24%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesesuaian KD dengan materi tergolong valid, kesesuaian pendekatan saintifik tergolong valid, kesesuaian materi atau kegiatan dengan sikap, keterampilan, dan pengetahuan tergolong sangat valid, kesesuaian media gambar juga tergolong sangat valid, kedalaman materi tergolong cukup valid. Dari hasil kesimpulan diajukan saran sebagai berikut: pertama, bagi guru harus memperhatikan secara detail isi buku yang akan digunakan, guru harus menelaah terlebih dahulu untuk mengetahui apakah buku yang akan dipilih sudah layak digunakan atau masih ada kekurangan, karena berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan masih terdapat ketidaksesuaian. Kedua, bagi penulis buku untuk lebih teliti dan memperhatikan beberapa hal yang berkaitan demi kesempurnaan buku.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing I : Prof. Dr. H. M. Sulthon Masyhud, M.Pd. Dosen Pembimbing II : Fajar Surya Hutama, S.Pd, M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMAKHLUK HIDUPen_US
dc.subjectISI BUKUen_US
dc.subjectANALISIS KESESUAIANen_US
dc.titleAnalisis Kesesuaian antara Buku Siswa Kelas IV Tema III Peduli terhadap Makhluk Hidupen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. M. Sulthon, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Fajar Surya Hutama, S.Pd, M.Pd.en_US
dc.identifier.validatortaufiken_US
dc.identifier.finalizationtaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record