Show simple item record

dc.contributor.authorIsmawaroh
dc.date.accessioned2013-09-23T04:07:09Z
dc.date.available2013-09-23T04:07:09Z
dc.date.issued2013-09-23
dc.identifier.nimNIM070210103099
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1151
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode inkuiri terbimbing berorientasi pada Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap keaktifan dan hasil belajar kognitif biologi siswa. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilaksanakan secara kuasi eksperimen pada kelas VII SMP Negeri 7 Jember . Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan pengukuran keaktifan belajar, tes hasil belajar kognitif biologi siswa, observasi mengajar, dokumentasi, dan wawancara terhadap guru dan angket terhadap siswa. Data hasil belajar kognitif yang telah diperoleh dianalisis dengan uji normalitas menggunakan One-Sample Kolmogorov-Smirnov, uji homogenitas dan data hasil penelitian (hasil belajar kognitif dan keaktifan belajar siswa) dengan analisis varian (ANOVA). Analisis keaktifan belajar siswa terdiri atas keaktifan dalam memperhatikan penjelasan guru, keaktifan dalam pengamatan di lingkungan, keaktifan dalam menyampaikan pendapat dalam diskusi kelompok, keaktifan mencatat hasil penyelesaian masalah LKS dan cara bekerjasama dengan anggota kelompok. Hasil analisis keaktifan terdapat perbedaan antara kelas uji dan kelas kontrol, pada kelas uji nilai keaktifan belajar sebesar 81.83 % (termasuk kategori sangat aktif). Sedangkan hasil keaktifan pada kelas kontrol sebesar 59.91%. (termasuk dalam kategori cukup aktif). Berdasarkan hasil analisis data terhadap nilai keaktifan belajar siswa diketahui bahwa sig 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dengan asumsi perlakuan memberikan pengaruh sangat signifikan terhadap keaktifan belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data terhadap nilai posttest siswa yang dapat diketahui bahwa besarnya F hitung antar kelompok adalah 13,365 dengan probabilitas 0,000 (< 0,05) . Penolakan H0 menunjukkan perlakuan (metode inkuiri terbimbing berorientasi terhadap Sains Teknologi Masyarakat) memberikan pengaruh sangat signifikan terhadap hasil belajar kognitif biologi siswaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210103099;
dc.subjectMetode Inkuiri Terbimbing, Sains Teknologi Masyarakat (STM), Keaktifan Dan Hasil belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Jemberen_US
dc.titlePengaruh Metode Inkuiri Terbimbing Berorientasi Pada Sains Teknologi Masyarakat (STM) Terhadap Keaktifan Dan Hasil belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Jemberen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record