Show simple item record

dc.contributor.authorFADILLA, Fatma Nur
dc.date.accessioned2023-04-12T06:26:18Z
dc.date.available2023-04-12T06:26:18Z
dc.date.issued2022-12-01
dc.identifier.nim170210204068en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115125
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 12 April 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractDalam belajar matematika siswa diharapkan dapat belajar bagaimana menganalisis suatu permasalahan yang mendorongnya untuk berpikir pemecahan masalah matematisnya yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah kehidupan sehari-hari. Kemampuan menyelesaikan masalah yang ada dikehidupan sehari-hari merupakan salah satu bagian dari kemampuan literasi matematis. Salah satu materi yang ada dalam mata pelajaran matematika yaitu materi bangun datar.. Metode Discovery learning adalah model pembelajaran pemecahan masalah yang akan dihadapi siswa dalam kehidupan sehari-hari. Sejalan dengan kemampuan literasi matematika siswa yang mana dalam kemampuan ini siswa diharapkan memiliki kemampuan dalam memecahkan suatu masalah dalam kehidupan seharihari bangun datar sangat akrab dengan kita, yang mana siswa dapat belajar mengenai bangun datar dari berbagai macam benda yang ada di sekitar kita. Dengan demikian ada keterkaitan antara penerapan metode Discovery Learning dengan kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan masalah bangun datar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa SD kelas IV dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar di SDNU Padomasan Jember.Berdasarkan rumusan masalah yang diuraikan, maka tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk menelaah ada atau tidaknya pengaruh dari penerapan model discovery learning terhadap kemampuan literasi siswa SD kelas IV dalam menyelesaikan masalah bangun datar di SDNU Padomasan Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDNU Padomasan Jember. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan pola Quasi-Experimental Design. Instrumen penelitian yang digunakan merupakan instrumest test yaitu pretest dan posttest yang sebelum digunakan telah divalidasi oleh validator serta telah melaluiuji validitas dan reabilitas. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Responden pada penelitian ini adalah kelas IVA dan IVB yang berjumlah 48 siswa dengan masing-masing kelas berjumlah 24 siswa. Pada tahap awal penelitian akan dilaksanakan pretest terlebih dahulu. Ratarata hasil pretest kelas IVA sebesar 66,04 dan kelas IVB sebesar 75,38 Kegiatan selanjutnya yakni menerapkan model discovery learning pada kelas eksperimen dan menerapkan model konvensional pada kelas kontrol. Selanjutnya dilaksanakan posttest. Hasil penelitian yang sudah dilaksanakan menunjukkan bahwa rata-rata posttest pada kelas kelas kontrol sebesar 74,58 dan pada kelas eksperimen sebesar 85,37 Berdasarkan hasil uji-t diketahui bahwa t0 yang diperoleh 6,56, yang kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada tarif signifikansi 5% dengan df = 23 menunjukkan ttabel sebesar 1,713. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa t0 > ttabel (6,56 > 1,713) sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari hasil tes yaitu pre-test dan posttest maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan masalah bangun datar dalam penggunaan model discovery learning kelas IV SDNU Padomasan Jember tahun ajaran 2021/2022.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Prof.Dr. M. Sulthon, M.Pd Dosen Pembimbing Anggota : Agustiningsih, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMODEL DISCOVERY LEARNINGen_US
dc.subjectKEMAMPUAN LITERASI M ATEMATIKAen_US
dc.subjectMASALAH BANGUN DATARen_US
dc.titlePenerapan Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa SD Kelas IV dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar di SDNU Padomasan Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. M. Sulthon, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Agustiningsih, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.validatorKacung-4 Januari 2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record