Show simple item record

dc.contributor.authorNABILA, Sophia
dc.date.accessioned2023-04-12T06:18:30Z
dc.date.available2023-04-12T06:18:30Z
dc.date.issued2023-01-19
dc.identifier.nim180210204197en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115117
dc.description.abstractKonteks penelitian yang mendorong penelitian ini karena pembentukan karakter pada anak dapat dibentuk berdasarkan pengaruh lingkungan, sekolah, dan lingkungan tempat tinggal. Pendidikan karakter dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan lagu anak. Dalam lagu anak terdapat berbagai nilai karakter yang terkandung didalamnya namun ada beberapa anak yang tidak memahami nilai karakter yang terkandung dalam lagu anak tersebut. A.T Mahmud merupakan salah satu dari sekian pencipta lagu anak-anak pada saat itu. Perkembangan kurikulum Pendidikan di Indonesia dari tahun berkembang menjadi lebih baik. Perubahan kurikulum disesuaikan dengan perubahan zaman dan kebutuhan siswa akan muatan materi yang tidak hanya mengembangkan aspek pengetahuan namun juga seimbang dengan aspek keterampilan dan aspek sikap. Selain itu, perlu diterapkan kurikulum yang tidak hanya berbasis kompetensi namun sekaligus berbasis karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis karakter dalam lagu anak karya A.T Mahmud. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan wawancara. Teknik analisi data yaitu dengan tahap reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini berupa bagaimana isi atau kandungan nilai karakter pada lagu anak dalam buku siswa kelas II SD. Simpulan dari penelitian ini adalah nilai karakter yang terdapat pada lagu anak karya A.T Mahmud dalam buku siswa kelas II SD diantaranya: nilai religius, mandiri, gotong-royong, dan nilai integritas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectNilai Karakter Lagu Anak A.T Mahmud Kurikulumen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Science Technology Society (Sts) pada Pokok Bahasan Pemanasan Global terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smaen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Hari Satrijono, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record