Show simple item record

dc.contributor.authorSARI, Azizah Vinda
dc.date.accessioned2023-04-12T04:10:31Z
dc.date.available2023-04-12T04:10:31Z
dc.date.issued2023-01-24
dc.identifier.nim180210102033en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115085
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan peningkatan hasil belajar fisika siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dan mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar fisika siswa dengan penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E disertai PhET Simulation pada materi momentum dan impuls. Jenis penelitian yang digunakan true experiment dengan pretest-posttest control group design. Penentuan sampel melalui uji homogenitas one way Anova dengan hasil data bersifat homogen kemudian dilakukan teknik cluster random sampling (pengundian) dan diperoleh X MIPA 5 sebagai kelas kontrol dan X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data hasil belajar menggunakan uji N-gain dan uji independent sample t-test. Hasil analisa data menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari pada 0,05, hal ini menunjukkan ada perbedaan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan mean N-gain kelas eksperimen sebesar 66,58% dan kelas kontrol sebesar 31,18%. Hasil analisa data aktivitas belajar sesuai hasil observasi menunjukkan presentase aktivitas belajar pada pra-pertemuan sebesar 65,98%, pertemuan ke-1 sebesar 75,23%, dan pertemuan ke-2 sebesar 84,14%. Hal ini menunjukkan bahwa model Learning Cycle 7E disertai PhET Simulation dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar fisika siswa materi momentum impuls.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Drs. Sri Handono Budi Prastowo, M.Si. Dr. Rif'ati Dina Handayani, S.Pd., M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectModel Learning Cycle 7Een_US
dc.subjectPhET Simulationen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectAktivitas Belajaren_US
dc.titleModel Pembelajaran Learning Cycle 7E disertai PhET Simulation untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Fisika Siswa SMA pada Materi Momentum dan Impulsen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Drs. Sri Handono Budi Prastowo, M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Rif’ati Dina Handayani, S.Pd., M.Si.en_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record