Dampak Pola Asuh Demokratis terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Usia 4 – 6 Tahun di Desa Wringin Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso
Abstract
Dampak Pola Asuh Demokratis terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Usia 4 – 6 Tahun di Desa Wringin Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak pola asuh demokratis terhadap perkembangan kognitif anak usia dini usia 4 – 6 tahun di Desa Wringin, Kecamatan Wringin, Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan tempat pada penelitian ini menggunakan metode Purposive Area. Teknik yang digunakan untuk menentukan informan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipatif, wawancara terstruktur, dokumentasi. Agar lebih akurat peneliti menggunakan teknik keabsahan data yaitu perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dan triangulasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Hubberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa orang tua di desa Wringin telah menerapkan pola asuh demokratis, melalui berdiskusi dengan anak dan melibatkan anak dalam pengambilan keputusan, serta kemampuan kognitif anak yang mendapatkan pola asuh tersebut dinilai bagus dilihat dari pemecahan masalah, berpikir logis, dan berpikir simbolik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pola asuh demokratis memberikan dampak positif terhadap perkembangan kognitif usia dini 4 – 6 tahun di desa Wringin, kecamatan Wringin, kabupaten Bondowoso.