Pengaruh Model Problem Base Learning Berbantu Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas v SD Pada Tema 2 Udara Bersih Bagdi Sdn Badean 1 Bondowosoi Kesehatan Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih
Abstract
Pembelajaran merupakan suatu sistem yang terdiri dari tujuan, materi, model dan
evaluasi, dimana hal tersebut perlu diperhatikan oleh guru dalam memilih dan menentukan
media, metode, strategi dan pendekatan apa yang akan digunakan, guru juga dituntut harus
aktif dan kreatif dalam mengemas suatu proses pembelajaran agar siswa tidak mengalami
kejenuhan dan siswa mendapatkan suasana belajar yang semangat dan menyenangkan,
sehingga siswa dapat belajar dengan baik dan lebih efektif. dalam model pembelajaran
Problem base learning berbantu media audio visual merupakan suatu model pembelajaran
yang digunakan untuk mendapatkan pengetahuan baru dengan memanfaatkan masalah nyata
sebagai titik awal untuk belajar. Model problem based learning memusatkan kepada siswa
dimana siswa dituntun harus berperan aktif dalam kegiatan belajar baik secara individu
maupun secara berkelompok. Tujuan penelitiam ini untuk mengetahui pengaruh model
problem based learning berbantu media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas v SD
pada tema 2 udara bersih bagi kesehatan subtema 1 cara tubuh mengolah udara bersih di SDN
Badean 1 Bondowoso. Jenis Peneleitian eksperimen semu (quasi eksperimental). Desain
penelitian ini menggunakan desain pre-test post-test. Analisis data menggunakan Uji
independent sampel T-test (Uji-t). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VA 24 siswa dan
VB 24 siswa SDN Badean 1 Bondowoso. Hasil penelitian terdapat pengaruh siginifikan
penerapan pembelajaran Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantu Media Audio
Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Badean 1 Bondowoso yang dibuktikan
dengan hasil t-hitug > t-tabel dengan taraf signifikan 0,05 yakni (0,761 > 0,05).Kata Kunci:
Problem Base Learning, Media Audio Visual