Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen pada Rumah Makan Ayam Gephok di Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap minat beli ulang melalui kepuasan konsumen pada Rumah Makan Ayam Gephok Di Jember. Peneliatian ini menggunakan penelitian explonatory research. Populasi penelitian ini seluruh konsumen rumah makan ayam ghepok Pak Giek di Jember. Teknik penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 105 responden dengan kriteria 17 tahun keatas yang membeli dan dimakan di tempat. Penelitian ini yaitu menggunakan data kualitatif yang dijadikan data kuantitatif.. Metode pengambilan data pada penelitian ini dari kuesioner kepada konsumen di rumah makan pada saat pulang, dengan penyebaran pengisian kuesioner dua bulan terakhir dan metode analisis pada penelitian ini menggunakan metode analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Citra merek berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, Citra merek berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang, Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang, Temuan dalam penelitian ini Kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang. Saran menambah variabel lain, kualitas layanan, loyalitas konsumen, harga, promosi.