Show simple item record

dc.contributor.authorICHSANDARI, Anisa
dc.date.accessioned2023-04-11T06:32:04Z
dc.date.available2023-04-11T06:32:04Z
dc.date.issued2023-01-05
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114921
dc.description.abstractKesesuaian Nilai Karakter Mandiri dan Gotong Royong yang Terdapat pada Film Animasi “UP” dengan KI Kurikulum 2013 Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas IV SDN Tegalrejo 01 Kabupaten Jember”; Anisa Ichsandari; 180210204300; 138 halaman; Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar; Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember. Pendidikan karakter merupakan sebuah rancangan pembentuk kepribadian generasi bangsa yang sudah dimulai sejak lama pada bidang pendidikan dan digunakan dalam membina serta mendidik siswa untuk bersikap juga berperilaku lebih baik ketika di sekolah,rumah dan lingkungan masyarakat tempat mereka tinggal. Dapat dilihat sebagaimana telah tercantum dalam tujuan pendidikan Nasional yaitu Undang-undang No. 20 Tahun 2013 pasal 3. Selain itu berpijak pada peraturan pemerintahan Presiden Jokowi menuju Generasi Emas tahun 2045 yaitu Peraturan Presiden No.87 tahun 2017 pasal 4 ayat 1, bahwa pengembangan sekolah berbasis karakter bangsa melahirkan sebuah peraturan yang dinamakan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter). PPK yaitu gerakan untuk memperkuat karakter siswa melalui harmonisasi penguatan olah hati (etik), rasa (estetis), pikir (literasi) dan olahraga (kinestetik) yang membutuhkan kerjasama antar satuan komponen pendidikan, keluarga dan masyarakat. Berdasarkan kondisi saat itu yaitu masa pandemi dan kegiatan belajar siswa di lakukan secara Blended Learning yaitu bisa daring maupun offline. Sebuah data lapang berdasarkan wawancara dengan guru kelas IV yaitu Ibu Fatma,S.Pd yang dilakukan pada tanggal 2 November 2021 menunjukkan bahwa nilai karakter mengalami beberapa penurunan. Penurunan cukup drastis terjadi pada nilai karakter mandiri dan gotong royong. Berdasar dari permasalahan di atas, melakukan penanaman karakter kepada siswa tidak hanya tugas dari seorang guru tetapi juga peran orang tua ketika siswa di rumah. Semua kegiatan dan tontonan yang dilakukan siswa sangat tergantung dari pengawasan orang tua. Termasuk tontonan mereka baik di televisi maupun tontonan pada chanel Youtube. Melalui tontonan secara tidak langsung dapat dijadikan sebagai penyaluran penanaman nilai karakter. Salah satu film animasi yang sesuai dengan jenjang siswa SD dan pernah di tayangkan pada stasiun TV RCTI juga tersedia di channel Youtube adalah film animasi berjudul ‘’UP” karya Pete Docter dengan durasi satu jam setengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesesuaian nilai karakter mandiri dan gotong royong yang terdapat pada film “UP” dengan KI Kurikulum 2013. Penelitian ini mengggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. ). Sumber data diambil dari video film animasi “UP” yang didapat dari laman Disney+Hotstar dengan durasi film selama 1 jam lebih 36 menit. . Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dari film animasi “UP” adalah dengan teknik dokumentasi. Bersdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan pada media film animasi “UP” mengandung nilai karakter mandiri dan gotong royong. Pada keseluruhan film telah dianalisis membuktikan bahwa setiap adegan dalam film terdapat nilai dengan jumlah lebih dari satu karakter. Pada nilai karakter mandiri termuat beberapa subindikator diantaranya dapat menyelesaikan semua pekerjaan dengan baik ditemukan sebanyak 4 sikap, mampu berteman dan bersosialisasi dengan orang banyak ditemukan sebanyak 3 sikap, memiliki jiwa kreatif dan tangguh ditemukan sebanyak 4 sikap, mampu mengontrol emosi yang dimiliki dengan baik ditemukan sebanyak 3 sikap, selalu bekerja keras dan pantang menyerah dalam melakukan semua pekerjaan ditemukan sebanyak 4 sikap dan terakhir bersikap berani ketika dihadapkan dengan tantangan dan permasalahan ditemukan sebanyak 3 sikap. Kemudian untuk nilai karakter gotong royong termuat beberapa subindikator diantaranya menunjukkan sikap saling bantu membantu ditemukan sebanyak 4 sikap, menjunjung tinggi rasa kekeluargaan dan persaudaraan ditemukan sebanyak 3 sikap, memiliki semangat dalam melakukan semua pekerjaan ditemukan sebanyak 3 sikap, saling memupuk rasa kerjasama ditemukan sebanyak 4 sikap, tidak membeda-bedakan antar suku,ras dan adat istiadat dalam melakukan semua pekerjaan ditemukan sebanyak 3 sikap dan yang terakhir menjunjung sikap tanpa pamrih dalam melakukan pekerjaan ditemukan sebanyak 3 sikap. Kesimpulan yang didapatkan dalam film animasi “UP” banyak ditemukan sikap bagaimana menghormati sesama makhluk ciptaan Tuhan. Selain itu, siswa ditunjukkan sikap untuk saling menghormati sesama teman dan saling membantu apabila ada kesulitan. Cuplikan hal di atas adalah bentuk kesesuaian film animasi UP dengan KI 1 pada kurikulum 2013 yaitu sikap spiritual yang berkaitan bagaimana kita bertindak dan bersikap yang berkaitan kompetensi inti pada kelas IV yaitu dengan mau menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. Film animasi “UP” juga menangkap hal positif tentang bagaiamana cara berhubungan baik dengan sesama manusia. Sikap tersebut di tunjukkan dengan sikap kepedualian terhadap sesama.Cuplikan hal diatas adalah bentuk kesesuaian film “UP” dengan KI 2 pada kurikulum 2013 yaitu sikap sosial yang berkaitan dengan perilaku kepada sesama manusia seperti keluarga,teman dan tetangga.en_US
dc.description.sponsorshipDrs. Nuriman, Ph.D. Dyah Ayu Puspitaningrum, S.E., M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectFILM UPen_US
dc.subjectKARAKTER MANDIRIen_US
dc.subjectKARAKTER GOTONG ROYONGen_US
dc.titleKesesuaian Nilai Karakter Mandiri dan Gotong Royong yang Terdapat pada Film Animasi "UP" dengan KI Kurikulum 2013 sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas IV Sdn Tegalrejo 01 Kabupaten Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record