• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DENGAN METODE EKSPERIMEN BERBASIS KARAKTER PADA SISWA KELAS VIII-C BILINGUAL SMP NEGERI 3 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Wahyu Ari Nurdiana (080210192050)_1.pdf (431.2Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Wahyu Ari Nurdiana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran fisika bilingual adalah pembelajaran fisika yang materi pembelajaran, proses belajar mengajar, dan penilaiannya disampaikan dalam bahasa Inggris. Salah satu sekolah menengah tingkat pertama di Jember yang menerapkan kelas bilingual adalah SMP Negeri 3 Jember. Berdasarkan observasi yang dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 di kelas VIII-C bilingual SMP Negeri 3 Jember, ditemukan aktivitas belajar, ketuntasan hasil belajar, dan karakter siswa yang masih rendah yaitu 31,03%, hal ini masih belum memenuhi standar ketuntasan hasil belajar fisika yang telah ditetapkan di SMP Negeri 3 Jember yaitu sebesar 75%. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran dengan Penelitian Tindakan Kelas melalui model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan aktivitas, ketuntasan hasil belajar fisika, dan karakter siswa kelas VIII-C bilingual SMP Negeri 3 Jember. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan model TGT (Teams Games Tournament) dengan metode eksperimen berbasis karakter dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa, ketuntasan hasil belajar siswa, dan karakter siswa kelas VIII-C bilingual SMP Negeri 3 Jember. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif secara kualitatif maupun kuantitatif. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa indikator aktivitas belajar siswa meningkat setelah dilaksanakannya siklus II, sedangkan untuk ketuntasan hasil belajar siswa meningkat sebesar 34,48% pada siklus I dan 75,58% pada siklus II, dan untuk perilaku berkarakter siswa juga menunjukkan adanya peningkatan karakter siswa setelah dilaksanakan siklus II. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran yang digunakan tersebut dapat meningkatkan aktivitas belajar, hasil belajar, dan karakter siswa. Kesimpulan pada penelitian ini adalah model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan metode eksperimen berbasis karakter dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, ketuntasan hasil belajar siswa, dan karakter siswa dari kategori tidak aktif menjadi cukup aktif di kelas VIII-C bilingual SMP Negeri 3 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11485
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository