Show simple item record

dc.contributor.authorSUSI NOVITASARI
dc.date.accessioned2013-09-23T03:45:07Z
dc.date.available2013-09-23T03:45:07Z
dc.date.issued2013-09-23
dc.identifier.nimNIM080210204309
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1147
dc.description.abstractRendahnya kualitas pendidikan matematika dapat disebabkan kurang tepatnya metode pembelajaran yang dipakai oleh guru, karena hal ini dapat berakibat terhadap aktivitas siswa. Metode pembelajaran tutor sebaya dengan strategi everyone is a teacher here merupakan salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran tutor sebaya dengan strategi everyone is a teacher here, aktivitas siswa dan ketuntasan belajar siswa pada operasi hitung bilangan bulat. Penelitian dilaksanakan di SDN Patrang 02 Jember dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VA. Jenis penelitian ini adalh penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mengetahui bagaimana proses penerapan pembelajaran tutor sebaya dengan strategi everyone is a teacher here pada operasi hitung bilangan bulat, sedangkan pendekatan kuantitatif digunakan untuk menghitung aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran tutor sebaya dengan strategi everyone is a teacher here pada operasi hitung bilangan bulat ini berjalan sesuai dengan teori yang diharapkan, hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya prestasi siswa tetapi juga masih ditemukan beberapa kendala dalam penerapannya antara lain siswa masih asing terhadap pembelajaran ini, dan mereka terbiasa dengan pembelajaran menggunakan metode ceramah sehingga butuh adaptasi terlebih dahulu. Penerapan pembelajaran tutor sebaya dengan strategi everyone is a teacher here aktivitas siswa yang dinilai yaitu memperhatikan penjelasan, keaktivan bertanya, pengerjaan lembar soal, bekerja kelompok, presentasi dan aktivitas tutor. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa dan tutor selama proses pembelajaran serta hasil belajar siswa. Siklus I pertemuan 1, aktivitas siswa mencapai 68,17%, aktivitas tutor 82,22%. Pertemuan 2, aktivitas siswa mencapai 73,33%, aktivitas tutor 83,52%. Siklus II pertemuan 1, aktivitas siswa mencapai 78,06%, aktivitas tutor 88,89%. Pertemuan 2, aktivitas siswa mencapai 86,88%, aktivitas tutor 92,22%. Analisis hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 64,52%, sedangkan siklus II mencapai 87,10%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajara tutor sebaya dengan strategi everyone is a teacher here dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika, hal in dikarenakan penerapan pembelajaran tutor sebaya dengan strategi everyone is a teacher here berdampak positif bagi keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar mengajar yang dapat ditunjukkan dari meningkatnya keaktifan siswa selama proses belajar. Kesimpulan dari penerapan pembelajaran tutor sebaya dengan strategi everyone is a teacher here dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas VA di SDN Patrang 02 Jember pada setiap siklus. Adapun saran hendaknya penerapan pembelajaran tutor sebaya dengan strategi everyone is a teacher here dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran matematika sebagai upaya dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204309;
dc.subjectSTRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HEREen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DENGAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN BULAT SISWA KELAS VA SDN PATRANG 02 JEMBER SEMESTER GASAL 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record