Show simple item record

dc.contributor.authorIMRON, Muhammad Syahril
dc.contributor.authorNURDIAN, Yudha
dc.date.accessioned2023-04-10T06:58:49Z
dc.date.available2023-04-10T06:58:49Z
dc.date.issued2021-06-30
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114773
dc.description.abstractIndonesia saat ini mengalami kondisi krisis atau bencana yang disebabkan oleh Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang menyebar luas hingga ke daerah Jember. Berbagai kebijakan untuk mencegah penyebaran covid-19 justru berimplikasi buruk terhadap beberapa sektor lain khususnya pada sektor ekonomi. Dampak ini jelas juga dirasakan oleh pelaku usaha keripik tempe yang berada di kelurahan Sumbersari, seperti tingkat penjualan menurun dan metode pemasaran yang masih terbatas secara langsung (luring). Adanya program Kuliah Kerja Nyata Back to Village (KKN-BTV) Universitas Jember bertujuan untuk mendampingi pelaku usaha “TEMPE GO” di kelurahan Sumbersari. Lebih spesifik, tujuan dari adanya kegiatan ini adalah memberikan edukasi dan pelatihan tentang proses produksi yang baik dan benar, pemasaran suatu produk secara digital, dan pembuatan beberapa platform digital. Metode yang digunakan pada kegiatan KKN BTV ini adalah Participatory Rural Appraisal (PRS) yang memungkinkan keterlibatan masyarakat dalam melaksanakan berbagai kegiatan, mulai dari observasi, pemberian sosialisasi tentang protokol kesehatan, sanitasi kerja dan proses produksi, pendampingan proses produksi, pendampingan pembuatan desain logo dan kemasan, pembuatan akun media sosial hingga promosi dan pemasaran produk. Upaya yang telah dilakukan untuk mewujudkan digitalisasi pemasaran “TEMPE GO” terwujud dengan terbentuknya akun instagram, whatsapp, tokopedia dan shopee sebagai media pemasaran digital. Masyarakat didorong untuk terus mengelola secara baik capaian kegiatan yang telah dilakukan demi terciptanya usaha yang berkelanjutan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherJurnal Transformasien_US
dc.subjectCovid-19en_US
dc.subjectkeripik tempeen_US
dc.subjectpemasaranen_US
dc.subjectdigitalen_US
dc.titleDigitalisasi Pemasaran Keripik Tempe Dalam Menghadapi Persaingan Dagang Selama Pandemi COVID-19en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record