• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Perbandingan Pengaruh Kesiapan Pengguna terhadap Penerimaan Aplikasi Google Classroom pada Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan di Jember Menggunakan Technology Readiness Acceptance Model (TRAM)

    Thumbnail
    View/Open
    doc.pdf (3.461Mb)
    Date
    2023-01-27
    Author
    Nugroho, Taufan Maulana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Menteri Pendidikan dan Kebudayaan memberikan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19 bahwa seluruh kegiatan pembelajaran dilakukan dengan pembelajaran daring di rumah. Kegiatan belajar mengajar secara daring merupakan kegiatan belajar mengajar yang dapat dilakukan dari jarak jauh melalui perantara internet dan alat dukung seperti laptop, komputer dan handphone. Pembelajaran online berbeda dengan pembelajaran offline karena lebih menekankan pada akurasi dan pandangan ke depan siswa untuk menerima dan memproses kegiatan pembelajaran secara online (Putria dkk., 2020). Proses belajar mengajar secara daring diterapkan pada semua sekolah, yaitu pada Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Beberapa sekolah yang menerapkan pembelajaran daring yaitu SMAN 1 Jember, SMAN 2 Jember, SMK Kartini Jember, dan SMKN 3 Jember. Selama pandemi COVID-19 kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online. Untuk itu, sekolah tersebut membutuhkan sebuah aplikasi yang dapat membantu kegiatan proses pembelajaran salah satunya menggunakan aplikasi Google Classroom. Pembelajaran secara daring membutuhkan kesiapan yang baik untuk memahami sistem daring tersebut. Definisi dari kesiapan penerimaan tekonologi yang baik adalah kesiapan pengguna dalam menggunakan teknologi informasi untuk menyelesaikan tugas-tugas yang telah diberikan (Andayani dan Ono, 2020). Model TRAM ini berhasil menggabungkan dua model kesiapan dan penerimaan dengan 7 variabel gabungan. Metode ini dikembangkan untuk mengukur kesiapan terhadap penerimaan aplikasi yang relatif masih baru, faktor kemanfaatan dan kemudahan merupakan faktor yang dapat mempengaruhi minat seseorang dalam menggunakan suatu sistem informasi. Struktural Equation Modelling (SEM) digunakan sebagai metode analisis data karena mampu melakukan pembuktian hipotesis pada variabel yang bersifat mulivariat (memiliki banyak hubungan antar variabel laten) menggunakan aplikasi Smart-PLS. Agar meningkatkan kualitas pengguna sistem dengan lebih baik, penting untuk mengetahui pengaruh kesiapan pengguna dalam penerimaan aplikasi Google Classroom.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114738
    Collections
    • UT-Faculty of Computer Science [1026]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository