• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Accounting
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Accounting
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Falsafah Sami’Na WA Atho’Na dalam Proses Pendidikan Akuntansi Berbasis Pondok Pesantren (Studi Enomenologi pada Pondok Pesantren Mhi Bangsalsari Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    doc (1).pdf (5.099Mb)
    Date
    2022-12-12
    Author
    HASANAH, ROFIDATUL
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Etika merupakan bahasan yang tidak bisa dipisahkan dari proses pendidikan dalam ruang-ruang pendidikan, baik formal maupun non fromal. Ilmu akuntansi sebagai bagian dari disipilin ilmu pengetahuan yang terus berkembang dan menjadi program studi di berbagai perguruan tinggi dan Sekolah Menengah Kejuruan, memiliki tanggungjawab keilmuan agar mampu mencetak lulusan dengan keilmuan akuntansi yang mumpuni dan menerapkan pronsip-prinsip etis dalam profesinya nanti. Tentu saja dalam hal ini perlu sumbangsih rumusan kurikulum dalam mendidik peserta didik. SMK Mamba’ul Khoiriyatil Islamiyah (MHI) Bangsalsari Jember merupakan SMK yang berdiri dan beroperasi di lingkungan pondok pesantren. Dalam proses pembelajarannya tidak terlepas dari budaya-budaya belajar yang ada di pondok pesantren. Salah satu budaya yang ada di pondok pesantren memiliki jargon sami’na wa atho’na. SMK MHI Bangsalsari memiliki program keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga yang telah banyak mencetak lulusan. Sehingga, perbaikan terus dilakukan agar ke depan dapat selalu berkontribusi dalam menghasilkan lulusan yang mampu bermanfaat bagi banyak orang. Pendidikan akuntansi dengan budaya sami’na wa atho’na ini kemudian terinetegrasi menjadi rumusan baru yang menjadi kekhasan SMK MHI Bangsalsari Jember dikaji dalam penelitian ini. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan studi fenomenologi Husserl. Sampel sekaligus informan dalam penelitian ini ialah ketua yayasan, alumni pesantren yang bekerja di yayasan, kepala SMK MHI, dan guru Akuntansi Dasar di SMK MHI. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa sami’na wa atho’na telah menjelma menjadi bagin yang telah terintegrasi dalam proses pembelajaran di SMK MHI. Budaya sami’na wa atho’na merupakan proses penanaman etika dalam pendidikan di SMK MHI termasuk pendidikan akuntansinya. Integrasi tersebut dapat dilihat dari tiga struktur yang menjadi bagian di dalamna, yaitu pola komunikasi peserta didik dan guru, aturan yang ada di SMK MHI, dan yang terpenting ialah rumusan kurikulum akuntansi yang menjadi khas di SMK MHI dalam pendidikan Akuntansi.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114619
    Collections
    • MT-Accounting [54]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository