• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KEKERASAN SIMBOLIK DALAM NOVEL “TARIAN BUMI” KARYA OKA RUSMINI DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI ALTERNATIF MATERI PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    JURNAL ILMIAH LIVIA CALLISTA PUTRI.pdf (847.9Kb)
    Date
    2022-11-29
    Author
    PUTRI, livia callista
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Peneliti tertarik dengan kekerasan simbolik yang terdapat dalam novel TBOR (Tarian Bumi karya Oka Rusmini) karena didalamnya berisi tentang perubahan-perubahan budaya yang telah ada secara turun temurun. Perubahan-perubahan budaya tersebut mengakibatkan pergesekan berbagai bentuk kekerasan simbolik yang disebabkan oleh faktor-faktor internal maupun eksternal. Kekerasan simbolik dalam novel TBOR dapat dijadikan alternatif materi pembelajaran sastra di SMA. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalahnya adalah; (1) faktor penyebab terjadinya kekerasan simbolik; (2) bentuk kekerasan simbolik; (3) pemanfaatan hasil penelitian sebagai alternatif materi pembelajaran sastra di SMA kelas XII KD 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel. Jenis dan rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiologi sastra. Data pada penelitian berupa kutipan data yang mengarah pada faktor penyebab dan bentuk kekerasan simbolik. Sumber data pada peneltian berasal dari novel TBOR dan silabus SMA kelas XII kurikulum 2013 Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan: (1) faktor penyebab terjadinya kekerasan simbolik yang paling utama disebabkan oleh akumulasi kepemilikan modal. Tokoh yang memiliki akumulasi modal terbesar akan melakukan kekerasan simbolik kepada tokoh yang memiliki akumulasi modal lebih rendah; (2) bentuk kekerasan simbolik dalam novel dilakukan dengan bergabagai jenis kekerasan simbolik dalam bentuk verbal maupun non verbal seperti manipulatif, sindiran, nada suara, tatapan mata, dll; (3) pemanfaatan hasil penelitian dilakukan dengan menjelaskan mengenai konsep dasar kekerasan simbolik kepada peserta didik, kemudian diberikan sinopsis novel TBOR beserta latihan soal mengenai isi dan kebahasaan. Saran dalam penelitian ini sebaiknya lebih teliti dalam pemilihan objek penelitian agar tidak terjadi kesamaan objek.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114617
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository