Show simple item record

dc.contributor.authorAbdilla, Desiana putri
dc.date.accessioned2023-04-06T05:05:41Z
dc.date.available2023-04-06T05:05:41Z
dc.date.issued2022-12-20
dc.identifier.nim170210204197en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114536
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 6 April 2023en_US
dc.description.abstractPengembangan Eksplorasi Ethnomatematika pada Kerajian Besek Tape sebagai Bahan LKPD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 1 Bondowoso.Untuk Mengoptimalkan Hasil Pembelajaran pada materi Bangun Ruang Kelas V SD Muhammadiyah 1 Bondowoso. Desiana Putri Abdilla; 2022; 63 Halaman; Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendiidkan Universitas Jember. Pendidikan dalam pengertian luas dapat diartikan sebagai suatu..upaya..memberikan..pengetahuan, ..wawasan, ..keterampilan, dan.keahlian tertentu kepada individu-individu..guna.mengembangkan..bakat serta..kepribadian mereka (Kartono, 1991). Ethnomatematika merupakan pendekatan yang mengaitkan budaya dengan matematika, sehingga dapat menumbuhkan rasa cinta siswa..kepada..budaya dan siswa..bisa..mengetahui berbagai manfaat..matematika didalam prespektif budaya (Astui, Purwoko & Sintiya 2017). Adanya Ethnomatematika diharapkan siswa akan lebih tertarik dengan mempelajari matematika dengan unsur budaya di dalamnya. Berdasarkan..hasil..observasi..dan..wawancara..terhadap..guru..kelas V SD Muhammadiyah 1 Bondowoso di peroleh informasi bahwa pemanfaatan bahan ajar di sekolah belum maksimal dan hanya menggunakan buku ajar tematik yakni buku guru dan buku siswa serta LKPD tema sebagai penunjang sumber belajar. Materi yang disajikan dalam LKPD masih terlihat umum sehingga ada beberapa pembelajaran yang jauh dari kehidupan siswa. Terkadang siswa kurang memahami masalah atau soal yang ada pada LKPD tematik tersebut. Karena itu perlu adanya pengembang LKPD yang sesuai dengan kehidupan pesertadidik agar tujuan belajar tercapai dengan maksimal. Pengembangan LKPD dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa, memperkaya wawasan kearifan lokal siswa, menjadikan pembelajaran lebih bermakna sehingga menjadikan pembelajaran yang relevan. Jenis Penelitian ini adalah pengembangan atau bahasa populernya yaitu “Research Based Development”. Borg and Gall (dalam Masyhud, 2016:222) mengungkapkan bahwa penelitian peningkatan adalah siklus yang digunakan untuk membuat dan menyetujui item instruktif (model, penedekatan, modul atau media pembelajaran yang potensial). Penelitian pengembangan cocok digunakan sebagai pemecah masalah dalam pendidikan.Penelitian lanjutan digunakan untuk membuat item nyata yang memiliki nilai inovatif-kreatif dan keefektifan tinggi. Materi yang akan dibuat dalam eksplorasi ini adalah lembar kerja siswa (LKPD) berdasarkan wawasan terdekat Besek Tape Hasil Pengembangan dari LKPD Eksplorasi Ethnomatematika pada Besek Tape diperoleh dari validitas media oleh validator dengan persentase 89,04% dan dinyatakan sangat layak atau prosuk siap dimanfaatkan di lapangan dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan uji coba keefektifan produk LKP yang dilakukan pada siswa kelas VA (sebagai kelas eksperimen) dan VB (sebagai kelas kontrol) SD Muhammadiyah 1 Bondowoso dengan menggunakan Uji T Sampel Independen termasuk dalam kategori efektif dengan diperoleh t hitung sebesar 3,328. Kemudian dikonsultasikan dengan t tabel taraf signifikansi 0,05. Nilai t tabel untuk taraf signifikansi 0,05 dengan df 36 adalah sebesar 2,028. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar daripada t tabel (3,328 > 2,028). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD Eksplorasi Ethnomatematika pada Kerajinan Besek Tape lebih efektif daripada LKPD pada buku siswa pada materi bangun ruang. Hasil Uji Keefektifan relatif Hasil belajar siswa kelas eksperimen dalam ranah kognitif menunjukkan persentase 45,18% dengan kategori keefektifan sedang. Dengan demikian pembelajaran menggunakan LKPD Eksplorasi Ethnomatematika pada Kerajinan Besek Tape lebih efektif dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol yang menggunakan LKPD pada buku siswa. Keefektifan kepraktisan dapat dilihat dari tigkat respon siswa, Hasil belajar siswa dalam capaian pengetahuan kelas eksperimen dengan menggunakan LKPD Eksplorasi Ethnomatematika pada Kerajinan Besek Tape menunjukkan nilai 45,18% keefektifan sedang. Selain itu, uji keefektifan respon siswa mendapatkan persentase nilai mencapai 79,03% dengan kategori keefektifan efektifen_US
dc.description.sponsorshipProf. Dr.M. Sulthon, M.Pd. Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectPENGEMBANGANen_US
dc.subjectGEOMETRIen_US
dc.subjectBESEK TAPEen_US
dc.subjectEKSPLORASIen_US
dc.subjectETHNOMATEMATIKAen_US
dc.titlePengembangan Eksplorasi Ethnomatematika pada Kerajianan Besek Tape sebagai Bahan LKPD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 1 Bondowosoen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiFakultas keguruan dan ilmu pendidikanen_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record