• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V pada Pembelajaran Matematika Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang SDN 1 Bimorejo

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI_DEWI KUSUMA ASTUTIK_180210204303_REPOSITORY.pdf (4.890Mb)
    Date
    2023-01-20
    Author
    ASTUTIK, Dewi Kusuma
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan termasuk dalam upaya secara sadar yang sengaja dirancang untuk mencapai tujuan yang telah diupayakan. Pendidikan memiliki tujuan mengembangkan keahlian serta membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Berdasarkan standar pendidikan nasional ditekankan pentingnya keahlian serta kegemaran dalam membaca, menulis, kecakapan berhitung, serta keahlian berkomunikasi. Kecakapan berhitung dikembangkan melalui pelajaran matematika. Mengingat bahwa pendidikan matematika menjadi salah satu pembelajaran yang penting serta salah satu mata pelajaran yang haruslah dipelajari dan dikuasai oleh peserta didik sejak SD, oleh karena itu perlu cara mengelola tahapan pengajaran matematika di SD yang tepat, sehingga matematika bisa dipahami dengan baik oleh peserta didik. Akar masalah dalam kelas ialah pembelajaran ceramah dan penugasan yang kurang efektif sehingga rasa ingin tahu serta minat peserta didik untuk terlibat aktif dalam pembelajaran kurang. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu upaya untuk memperbaiki kualitas pembelajaran adalah suatu keharusan. Tindakan yang perlu dilakukan ialah diperlukan model pembelajaran yang mampu melibatkan keahlian siswa secara optimal. Penelitian memfokuskan menggunakan model Project Based Learning. Project Based Learning ialah model pembelajaran yang menggunakan proyek/aktivitas sebagai inti pembelajaran. Langkah-langkah pelaksanaannya ialah: (1) penentuan pertanyaan mendasar, (2) menyusun perencanaan proyek, (3) menyusun jadwal, (4) monitoring, (5) menguji hasil, serta (6) evaluasi pengalaman.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114534
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15287]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository