the Influence of Social Media Marketing, Celebrity Endorsement, and Brand Awarness on Buying Decisions Through Word of Mouth on Noto Sportwear Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh social media marketing, celebrity endorsement, dan brand awareness terhadap keputusan pembelian melalui word of mouth pada noto sportswear jember. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian produk Noto Sportswear Jember. Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Kriteria atau pertimbangan penentuan sampel dalam penelitian ini yaitu, responden yang berusia 18 tahun ke atas karena diharapkan responden dapat memahami pertanyaan dalam kuesioner dan mampu memberikan jawaban yang valid, konsumen yang pernah melakukan pembelian pada Noto Sportswear Jember hanya 1 kali dan Konsumen yang pernah melakukan pembelian pada Noto Sportswear Jember >2 kali. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah uji jalur dengan menggunakan aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa social media marketing dan brand awareness berpengaruh signifikan terhadap word of mouth, namun celebrity endorsment tidak berpengaruh signifikan terhadap word of mouth. Selain itu celebrity endorsement dan brand awareness berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, namun social media marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.