Show simple item record

dc.contributor.authorMuhimmatin, Ifa
dc.date.accessioned2013-09-23T03:32:04Z
dc.date.available2013-09-23T03:32:04Z
dc.date.issued2013-09-23
dc.identifier.nimNIM070210103097
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1143
dc.description.abstractTujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kelengkapan sarana prasarana laboratorium pendukung praktikum biologi di SMA Swasta wilayah Kabupaten Jember; untuk mengetahui tingkat kreativitas guru biologi SMA Swasta di wilayah Kabupaten Jember dalam melaksanakan proses pembelajaran biologi; dan untuk mengetahui kreativitas yang dilakukan guru biologi SMA Swasta di wilayah Kabupaten Jember dalam menyelenggarakan kegiatan praktikum dengan keterbatasan sarana prasarana yang ada. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan sekolah sampel yaitu beberapa SMA Swasta di Kabupaten Jember yang dipilih berdasar metode purposive sampling melalui observasi, yaitu sekolah dengan sarana prasarana laboratorium IPA/Biologi kategori kurang, cukup, dan tidak lengkap. Sedang guru biologi sebagai responden yaitu semua guru biologi yang mengajar dari SMA Swasta sampel, kecuali bila tidak mendapat ijin dari Kepala Sekolah. SMA Swasta di kabupaten Jember yang menjadi tempat penelitian yaitu sebanyak 14 sekolah dan guru biologi sebagai responden sebanyak 16 guru. Data yang diperlukan yaitu tingkat kelengkapan sarana prasarana laboratorium IPA/Biologi, dan data ini diperoleh melalui observasi laboratorium. Data selanjutnya yaitu data deskripsi diri kreativitas guru biologi dalam pelaksanaan pembelajaran dan dalam penyelenggaraan kegiatan praktikum. Data ini diperoleh melalui angket dan wawancara bebas terpimpin. Data yang didapat kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif berupa jumlah, frekuensi, dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelengkapan sarana prasarana laboratorium IPA/Biologi pendukung praktikum biologi di SMA Swasta di wilayah Kabupaten Jember tergolong kurang lengkap dengan persentase rerata sarana laboratorium 36,16% dan persentase rerata prasarana laboratorium 73,93%. Deskripsi tingkat kreativitas guru biologi SMA Swasta di Kabupaten Jember dalam melaksanakan pembelajaran biologi tergolong baik dengan rerata persentase responden 47,5%. Sedang kreativitas yang dilakukan guru biologi untuk menyikapi keterbatasan sarana prasarana laboratorium dalam menyelenggarakan kegiatan praktikum masih tergolong cukup dengan rerata persentase responden 39,58%. Kreativitas yang dilakukan guru biologi lebih kepada menghasilkan sebuah kreativitas/karya/produk/sarana belajar yang sederhana, sudah umum dilakukan guru lain, namun berguna bagi pembelajaran biologi di laboratorium.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210103097;
dc.subjectKreativitas Guru Biologi, Praktikum, Keterbatasan Sarana Prasarana Laboratorium di SMA Swastaen_US
dc.titleInventarisasi Kreativitas Guru Biologi dalam Menyelenggarakan Kegiatan Praktikum untuk Menyikapi Keterbatasan Sarana Prasarana Laboratorium di SMA Swasta Wilayah Kabupaten Jemberen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record