• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Hubungan Antara Tingkat Stres Belajar Dengan Kecanduan Game Online Pada Remaja Di Smk Negeri 2 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    FKEP_HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES BELAJAR DENGAN KECANDUAN GAME ONLINE PADA REMAJA DI SMK NEGERI 2 JEMBER (1).pdf (863.0Kb)
    Date
    2020-09-24
    Author
    MAULANA, M. Anugrah
    DEWI, Erti I.
    N, Kholid Rosyidi M.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perilaku seseorang yang secara terus - menerus untuk bermain game online dapat mengganggu produktivitas remaja seperti menggangu pola tidur, menghabiskan uang saku sekolah, berubahnya emosional yang mengakibatkan peran konflik, membolos sekolah untuk bisa bermain game online. Prevalensi angka kecanduan game online pada remaja dari tahun ke tahun meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara tingkat stres belajar dengan kecanduan game online. Penelitian ini menggunakan desain analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional. Populasi ini menggunakan siswa laki-laki di SMK Negeri 2 Jember berjumlah 2.192, yang kemudian dihitung menggunakan teknik stratified random sampling proporsional (CI: 95%), dan responden adalah 198. Educational Stress Scale Adolescent (ESSA) menggunakan skala likert dengan nilai reliabilitas a = 0,785 ditemukan 16 item valid. Kuesioner Indonesian Online Game Addiction Questionnaire menggunakan skala likert dengan nilai reliabilitas a = 0,73 ditemukan 7 item valid. Analisis data yang digunakan adalah tes Spearman (CI: 95%). Korelasi antara tingkat stres belajar dengan kecanduan game online (p = 0,000; a <0,05 dan r = 0,283), Stres belajar berhubungan dengan kecanduan game online karena tujuan remaja bermain game online agar melarikan diri dari masalah seperti tuntutan belajar yang dinilai berat, bosan dalam belajar dan tugas yang banyak dapat menyebabkan stres belajar. Sebagai perawat komunitas harus dapat meningkatkan upaya promotif dan preventif mengenai dampak dari kecanduan game online serta cara pencegahannya agar para remaja yang mengalami stress belajar dapat meminimalisir resiko kecanduan game online.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114284
    Collections
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7381]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository