Show simple item record

dc.contributor.authorYeny Citra Sa’ada
dc.date.accessioned2013-12-20T08:06:35Z
dc.date.available2013-12-20T08:06:35Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM061510291001
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11427
dc.description.abstractBeras sebagai komoditas pangan pokok dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat. Banyaknya produksi beras bermerek yang beredar di kabupaten Jember menyebabkan konsumen mempunyai banyak pilihan dalam membeli beras. Sebelum melakukan keputusan pembelian konsumen mengenali dengan benar kebutuhan dan keinginannya. Pembelian beras bermerek di awali dengan berbagai pertimbangan atas manfaat yang di peroleh dari beras bermerek tersebut. Pertimbangan tersebut bisa dari harga beras bermerek, beras bermerek yang menurut konsumen sesuai dengan keinginannya, promosi beras bermerek yang gencar dan mampu membujuk konsumen untuk membelinya, ditribusi yang tepat sehingga konsumen mudah untuk mendapatkannya. Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Jember pada bulan Mei 2011 hingga Agustus 2011. Tujuan penelitian adalah mengetahui (1) Volume penjualan berbagai merek beras di Kabupaten Jember (2) Persepsi konsumen terhadap strategi bauran pemasaran beras bermerek dan (3) Hubungan antara persepsi konsumen terhadap strategi bauran pemasaran berbagai merek beras dengan keputusan konsumen untuk membeli beras bermerek di Kabupaten Jember. Penentuan daerah penelitian dilakukan dengan sengaja di Kabupaten Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode diskriptif dan korelasional. Metode pengambilan contoh dilakukan dengan cara convenience sampling. Jumlah sampel ditetapkan sebanyak 150 responden total dari wilayah penelitian dan 30 toko beras bermerek. Alat analisis yang digunakan adalah deskriptif dan analisis Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dari 28 beras yang banyak dikonsumsi masyarakat di Kabupaten Jember, tiga merek beras yang banyak di konsumsi masyarakat di Kabupeten Jember adalah Du’anak, Cobra, dan Macan. (2) Penilaian persepsi konsumen beras bermerek di Kabupaten Jember menunjukkan bahwa variabel produk memiliki mayoritas skor 5 yang berarti vii bahwa variabel produk secara keseluruhan sangat penting. Variabel harga memiliki mayoritas skor 4 yang berarti bahwa variabel harga secara keseluruhan penting. Variabel tempat memiliki mayoritas skor 3 yang berarti bahwa variabel tempat secara keseluruhan cukup penting. Sedangkan untuk variabel promosi memiliki mayoritas skor 1 yang berarti bahwa variabel promosi secara keseluruhan kurang penting (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi konsumen terhadap masing-masing variabel bauran pemasaran berbagai merek beras dengan keputusan konsumen untuk membeli beras bermerek di Kabupaten Jember. Keputusan konsumen dalam membeli beras dipengaruhi oleh variabel produk mempunyai nilai signifikansi sebesar 0, 802 atau 80,2% dengan tingkat kekuatan pengaruh sangat kuat. Keputusan konsumen dalam membeli beras dipengaruhi oleh variabel harga mempunyai nilai signifikansi sebesar 0,502 atau 50,2% dengan tingkat kekuatan pengaruh kuat. Keputusan konsumen dalam membeli beras dipengaruhi oleh variabel tempat distribusi mempunyai nilai signifikansi sebesar 00,501 atau 50,1% dengan tingkat kekuatan pengaruh kuat. Keputusan konsumen dalam membeli beras dipengaruhi oleh variabel promosi mempunyai nilai signifikansi sebesar 0,192 atau 19,2% dengan tingkat kekuatan pengaruh sangat lemah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries061510291001;
dc.subjectBAURAN PEMASARAN, BERAS BERMEREKen_US
dc.titlePERSEPSI KONSUMEN TERHADAP STRATEGI BAURAN PEMASARAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN BERAS BERMEREK DI KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record