Show simple item record

dc.contributor.authorCAHYANI, Regitasari Dwi
dc.contributor.authorDEWI, Erti Ikhtiarini
dc.contributor.authorK, Enggal Hadi
dc.date.accessioned2023-04-04T04:36:58Z
dc.date.available2023-04-04T04:36:58Z
dc.date.issued2022-06-28
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114271
dc.description.abstractMasa remaja adalah masa transisi perkembangan antara masa kanak-kanak dan dewasa dimulai pada usia 12-13 tahun dan berakhir pada usia akhir belasan tahun. Remaja berada pada bangku Sekolah Menengah Atas (SMA), sehingga mengalami masa yang penuh stres karena berbagai kegiatan atau tugas secara bersamaan, mulai dari tugas-tugas sekolah, beban belajar yang cukup berat. SMA saat ini mengikuti kurikulum 2013 dengan menerapkan Satuan Kredit Semester (SKS). Siswa juga dituntut mencari tahu terlebih dahulu dalam mengerjakan tugas yang diberikan. Remaja tengah membutuhkan keyakinan dalam dirinya untuk menyelesaikan tuntutan sekolah tersebut. Penelitian ini akan mengidentifikasi hubungan efikasi diri dengan mekanisme koping siswa dalam menghadapi tugas. Desain penelitian yang digunakan analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu stratified random sampling berjumlah 243 responden. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner efikasi diri dan Childern’s Coping Questionary. Analisis data menggunakan Pearson correlation menunjukkan p= 0,00; r= 0,332, artinya ada hubungan efikasi diri dengan mekanisme koping siswa dalam menghadapi tugas di SMA Negeri 1 Jember. Disarankan pihak sekolah dan orang tua selalu memberikan motivasi kepada siswa agar efikasi diri yang dimiliki siswa meningkat dan menghasilkan mekanisme koping yang adaptif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publishere-Journal Pustaka Kesehatanen_US
dc.subjectEfikasi Dirien_US
dc.subjectMekanisme Kopingen_US
dc.subjectTugas Siswaen_US
dc.titleHubungan Efikasi Diri dengan Mekanisme Koping Siswa dalam Menghadapi Tugas Di SMA Negeri 1 Jemberen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record