• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Implementasi Keterampilan Proses Dasar Sains Kelompok B di TK Kartika IV-73 Jember Tahun Ajaran 2022/2023

    Thumbnail
    View/Open
    doc.pdf (2.240Mb)
    Date
    2022-11-25
    Author
    HIDAYAH, Hilda Hari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keterampilan proses sains adalah keterampilan yang harus dikembangkan pada peserta didik. Penerapan pembelajaran berbasis keterampilan proses sains secara nyata mampu meningkatkan pencapaian hasil belajar peserta didik terutama dalam hal penguasaan keterampilan proses sains. TK Kartika IV-73 Jember telah menerapkan keterampilan proses sains bagi peserta didiknya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, “Bagaimanakah Implementasi Keterampilan Proses Dasar Sains Kelompok B di TK Kartika IV-73 Jember Tahun Ajaran 2022/2023?” Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implementasi Keterampilan Proses Dasar sains Kelompok B di TK Kartika IV-73 Jember Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari informan kunci yaitu guru kelas dan anak kelompok B dan informan pendukung yaitu Kepala Sekolah. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, Implementasi Keterampilan Proses Dasar sains kelompok B di TK Kartika IV-73 Jember tahun ajaran 2022/2023 telah sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran sains yaitu mengamati, mengklarifikasi, memprediksi, merencanakan percobaan, mengkomunikasikan hasil percobaan. Metode pembelajaran yang digunakan guru adalah metode bercakap-cakap, tanya jawab, bercerita, bereksperimen dan bermain dengan evaluasi yang dilakukan guru adalah pengamatan langsung, mencatat hasil kerja anak, menyimpulkan hasil kerja anak, ucapan, pertanyaan anak, dan dokumentasi. Lingkungan belajar yang telah direncanakan oleh guru sesuai dengan kebutuhan anak, pengaturan ruangan kelas yang menarik, rapi, dan cukup luas serta penataan alat main yang bervariasi. Faktor pendukung dalam implementasi pembelajaran keterampilan proses dasar sains di TK Kartika IV-73 Jember adalah sarana serta peralatan eksperimen yang beragam, kompetensi dan keterampilan guru, serta ruangan kelas yang cukup luas dan menarik. Namun demikian, terdapat hambatan-hambatan dalam implementasinya seperti rasio guru dan anak belum seimbang, persiapan guru, dan manajemen waktu guru saat proses eksperimen.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113954
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository