Show simple item record

dc.contributor.authorKAMILAH, Fahriyatul
dc.date.accessioned2023-03-29T05:36:25Z
dc.date.available2023-03-29T05:36:25Z
dc.date.issued2022-11-25
dc.identifier.nim150210205066en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113933
dc.description.abstractPembinaan dan pengembangan profesi guru dalam suatu lembaga dimaksudkan untuk memajukan dan meningkatkan mutu serta efisiensi guru agar tujuan dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan diperlukan guru yang kompeten. TK Inklusi Star Kids Jember memberikan layanan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus di mana guru perlu memiliki bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap-sikap untuk mampu melaksanakannya dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Bagaimana pelaksanaan manajemen pembinaan dan pengembangan profesi guru di TK Inklusi Star Kids Jember?” Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis manajemen pembinaan dan pengembangan profesi Guru di TK Inklusi Star Kids Jember. Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang dilakukan dari bulan Februari sampai Mei 2022 di TK Inklusi Star Kids Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Sumber data diperoleh dari informan kunci yaitu kepala sekolah dan ketua IGTKI Kecamatan Sumbersari. Teknik analisis data dilakukan dengan empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian Kepala Sekolah TK Inklusi Star Kids Kabupaten Jember melaksanakan perencanaan program-program pembinaan dan pengembangan profesi guru melalui musyawarah di awal tahun pelajaran untuk mendiskusikan keterampilan yang dibutuhkan oleh guru, menjadwalkan kegiatan selama satu semester atau satu tahun. Program pembinaan dan pengembangan profesi guru dilaksanakan dalam bentuk kegiatan pendidikan dan pelatihan maupun non-kependidikan dan pelatihan. Program-program yang pernah diikuti untuk mengembangkan kompetensi pembelajaran inklusi yaitu seminar pendidikan peduli anak berkebutuhan khusus, dan beberapa pelatihan atau workshop yang dapat mengembangkan dan menambah pengetahuan guru untuk dapat lebih melakukan kegiatan belajar mengajar anak-anak berkebutuhan khusus. Kegiatan pendidikan dan pelatihan meliputi In-House Training (IHT), belajar jarak jauh dan pendidikan lanjutan dengan memberikan beasiswa. Dari IGTKI, program pembinaan dan pengembangan profesi pendidik melalui pendidikan dan pelatihan yaitu pelatihan berjenjang atau khusus, yakni pelatihan khusus yang disediakan berdasarkan kebutuhan khusus atau disebabkan adanya perkembangan baru dalam keilmuan tertentu. Pembinaan dan pengembangan profesi guru yang dilakukan kepala sekolah melalui kegiatan non-pendidikan dan pelatihan yaitu mengikuti seminar, workshop, pembuatan media pembelajaran, lomba-lomba antar guru yang diselenggarakan oleh IGTKI, maupun diskusi masalah pendidikan dalam rapatrapat sekolah. Saran yang dapat diberikan yaitu hendaknya kepala sekolah dan ketua IGTKI menyusun atau mengadakan kegiatan terkait pembinaan dan pengembangan profesi guru lebih banyak lagi karena dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi diharapkan guru dapat menguasai sistem belajar mengajar yang diperlukan dan selalui meningkatkan kemampuan dalam hal mengajar.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama Senny Weyara Dienda Saputri, S.Psi., M.A Dosen Pembimbing Anggota Aisyah Nur Atika, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectANALISIS MANAJEMEN PEMBINAANen_US
dc.subjectPENGEMBANGAN PROFESI GURUen_US
dc.subjectTK INKLUSI STAR KIDSen_US
dc.titleAnalisis Manajemen Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru di TK Inklusi Star Kids Kabupae Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.identifier.pembimbing1Senny Weyara Dienda Saputri, S.Psi., M.Aen_US
dc.identifier.pembimbing2Aisyah Nur Atika, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.validatorKacung-30 November 2022en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record