• Login
    View Item 
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • Diploma Programme - Nursing
    • View Item
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • Diploma Programme - Nursing
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Literature Review : Terapi Musik untuk Meningkatkan Interaksi Sosial pada Anak Penderita Autism Spektrum Disorder (ASD)

    Thumbnail
    View/Open
    KTI_QUROTUL A'YUN.pdf (1.702Mb)
    Date
    2022-07-01
    Author
    A'YUN, Qurotul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    RINGKASAN Literature Review : Terapi Musik Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Pada Anak Penderita Autism Spektrum Disorder (ASD); Qurotul A’yun; 192303102120; 2022; 69 halaman, Program Studi Diploma III Fakultas Keperawatan Universitas Jember. Pendahuluan : Austism Spektrum Disorder (ASD) atau yang lebih dikenal dengan istilah Autis adalah gangguan perkembangan saraf yang dengan karakteristik keterbatasan pada interaksi sosial, komunikasi, dan perilaku yang terbatas ataupun berulang . Pada kenyataannya beberapa anak autis memiliki masalah dalam berinteraksi sosial. Hal ini membuat anak autis mengalami kesulitan dalam menjalin dan menjaga hubungan dengan keluarga maupun orang lain, komunikasi yang abnormal, serta hubungan timbal balik antar sesama. Tanda – tanda gangguan dalam berinteraksi sosial pada anak autis yaitu : kurangnya kepedulian dengan orang lain maupun lingkungan sosialnya, kontak mata yang kurang saat diajak berinteraksi, terjadi penarikan diri, dan kecemasan. Mereka lebih senang dengan dunianya sendiri tanpa adanya kawan dalam berinteraksi seperti berbicara sendiri dan bermain sendiri. Hal ini membuat orang tua khawatir akan kondisi anaknya yang tidak dapat berinteraksi dengan teman sebaya maupun orang lain. Tujuan dari literature review ini Untuk mengetahui dan menganalisis penerapan terapi musik dalam meningkatkan interaksi sosial pada anak penderita Autism Spektrum Disorder (ASD). Metode: Studi ini menggunakan metode literature review dengan pencarian artikel dilakukan pada database PubMed dan Google Scholar. Didapatkan 1609 artikel pada database pencarian PubMed dan Google Scholar namun hanya 10 artikel yang memenuhi seluruh kriteria inklusi dan dilakukan review. Hasil: Didapatkan bahwa 10 artikel menyatakan bahwa terapi musik secara signifikan mampu meningkatkan interaksi sosial pada anak Autism Spektrum Disorder (ASD). Konklusi: Penulis menyatakan bahwa terapi musik bisa dijadikan intervensi keperawatan untuk meningkatkan interaksi sosial pada anak penderita Autism Spektrum Disorder (ASD).
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113716
    Collections
    • Diploma Programme - Nursing [433]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository