Show simple item record

dc.contributor.authorKHOIRUNNISA, Dinda Aqila
dc.date.accessioned2023-03-27T06:04:23Z
dc.date.available2023-03-27T06:04:23Z
dc.date.issued2022-08-15
dc.identifier.nim180210104017en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113587
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis STEM-PBL pada materi kalor dan perpindahannya yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Penelitian pengembangan ini melalui tiga tahapan oleh Plomp, yaitu tahap penelitian pendahuluan, tahap pembuatan prototipe, dan tahap penilaian. Uji coba dilakukan terhadap 32 siswa MTsN 1 Jember. Metode pengumpulan data berupa wawancara, validasi, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil validasi e-modul berbasis STEM-PBL diperoleh persentase 90% dengan tingkat validitas sangat valid. Hasil observasi pelaksanaan pembelajaran diperoleh persentase sebesar 88,85% dengan kriteria sangat praktis. Efektivitas diperoleh berdasarkan N-gain tes kemampuan berpikir kritis sebesar 0,72 dengan kriteria tinggi dan memperoleh respon positif dari siswa dengan persentase 88,3%. Berdasarkan hasil yang diperoleh, e-modul berbasis STEM-PBL dinyatakan valid, praktis, dan efektif serta layak digunakan dalam pembelajaran IPA.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMateri Kaloren_US
dc.titlePengembangan E-Modul Berbasis STEM-PBL pada Materi Kalor dan Perpindahannua untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMPen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Pramudya Dwi Aristya Putra, S.Pd., M.Pd., Ph.D.en_US
dc.identifier.pembimbing2Zainur Rasyid Ridlo, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorArinen_US
dc.identifier.finalizationFinalisasi tanggal 27 Maret 2023_M.Arif Tarchimansyahen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record