dc.contributor.author | WARDANI, Anisa Meilinda | |
dc.date.accessioned | 2023-03-27T05:47:50Z | |
dc.date.available | 2023-03-27T05:47:50Z | |
dc.date.issued | 2022-10-09 | |
dc.identifier.nim | 180210101036 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113578 | |
dc.description.abstract | Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan sumber daya manusia yaitu
dengan terus mengembangkan kurikulum pendidikan yang ada di Indonesia. Upaya
dari pemerintah tersebut untuk terus mengembangkan kurikulum agar menjadikan
pendidikan di Indonesia yang lebih baik ternyata masih belum terwujud secara
sempurna karena beberapa hal termasuk permasalahan literasi peserta didik yang
masih rendah. Permasalahan literasi merupakan salah satu masalah yang harus
mendapat perhatian khusus oleh negara Indonesia terutama pada penguasaan
Matematika. Matematika adalah suatu bidang keilmuan yang memiliki peranan
penting dalam perkembangan IPTEK sebagai alat bantu penerapannya dalam
bidang ilmu lain maupun perkembangan Matematika itu sendiri (Siagian, 2016).
Oleh karena itu, semua individu perlu untuk mempelajari Matematika dengan
tujuan supaya mampu memenuhi kebutuhan perkembangan dan tuntutan kehidupan
di sekitarnya. Salah satu kemampuan yang perlu peserta didik kuasai adalah terkait
kemampuan mathematical literacy. Namun pentingnya kemampuan mathematical
literacy tersebut masih belum diimbangi dengan kualitas pembelajaran Matematika
di Indonesia. Hal itu terdapat pada hasil beberapa survei yang dilakukan oleh
organisasi internasional seperti TIMSS dan PISA yang mana Indonesia berada pada
posisi rendah di antara negara-negara yang lain. Hal itu disebabkan karena proses
pembelajaran yang masih kurang. Oleh karena itu dikembangkan sintaks model
pembelajaran yang dapat membuat peserta didik dapat meningkatkan kemampuan
mathematical literacy yaitu model pembelajaran berbasis riset dengan pendekatan
STEM. Selain itu, untuk mengoptimalkan pembelajaran Matematika, perlu adanya
perangkat pembelajaran yang mengacu pada penerapan model pembelajaran tersebut. Kurikulum 2013 menyatakan bahwa perangkat pembelajaran merupakan
kebutuhan yang dasar dan penting bagi guru sebelum melaksanakan pembelajaran.
Adanya perangkat pembelajaran membuat persiapan guru di kelas lebih terarah dan
tertata selama pembelajaran berlangsung.
Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa LKPD dan RPP.
Penelitian pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model
Thiagarajan atau 4D yang terdiri dari empat tahapan yaitu tahap pendefinisian,
tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Perangkat
pembelajaran yang dikembangkan harus memenuhi kriteria valid, praktis, dan
efektif. Uji kevalidan perangkat pembelajaran dilakukan oleh para ahli yaitu dua
dosen Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember dan satu Guru Matematika
SMA Negeri 5 Jember dengan mengisi lembar validasi yang telah diberi. Kemudian
uji kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh berdasarkan hasil observasi
keterlaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis riset dan STEM
yang dijabarkan dalam 3 aspek (pendahuluan, inti, dan perilaku guru). Lalu uji
keefektifan perangkat pembelajaran diperoleh dari tes, hasil observasi aktivitas
peserta didik, dan angket respon. Tes yang dilakukan berupa pretest dan posttest
untuk mengetahui peningkatan kemampuan mathematical literacy sebelum dan
setelah melakukan proses pembelajaran berbasis riset dengan pendekatan STEM. Pengaruh perangkat pembelajaran berbasis riset dengan pendekatan STEM
dalam meningkatkan mathematical literacy peserta didik diperkuat dengan adanya
uji statistik dengan menggunakan uji Walcoxon. Berdasarkan pengambilan
keputusan, dapat disimpulkan bahwa 𝐻0 ditolak dan 𝐻1 diterima yang artinya
bahwa terdapat pengaruh perangkat pembelajaran berbasis riset dengan pendekatan
STEM dalam meningkatkan mathematical literacy peserta didik. Berdasarkan hasil
keseluruhan, maka dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran Matematika
berbasis riset dan STEM telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif serta
dapat meningkatkan mathematical literacy peserta didik. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Pengembangan | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Berbasis Riset | en_US |
dc.subject | STEM | en_US |
dc.subject | Mathematical Literacy | en_US |
dc.title | Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Riset dengan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Mathematical Literacy | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Matematika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Prof. Drs. Dafik,M.Sc.,Ph.D. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Saddam Hussen,S.Pd.,M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | Arin | en_US |