Studi Multikultural terhadap Novel Harmoni dalam "?" Karya Melvi Yendra dan Andriyati serta Pemanfaatannya untuk Pembelajaran Sastra SMA
Abstract
Multikultural adalah kondisi yang memperlihatkan adanya berbagai etnis, ras, agama, adat-istiadat, dan kebiasaaan yang lestari pada suatu lingkup masyarakat sehingga tercipta interaksi sosio-kultural di dalamnya. Dalam interaksi multikultural, kepekaan masing-masing kultur berpotensi menghadapkan interaksi multikultural pada situasi rentan yang berakibat lahirnya problem identitas multikultural. Melvi Yendra dan Andriyati dalam novelnya Harmoni dalam “?” mengisahkan perjuangan para tokoh dalam mewujudkan kehidupan masyarakat multikultural yang harmonis. Para tokoh dihadapkan berbagai permasalahan menyangkut identitas kultural baik sebagai subjek individual maupun kelompok kultural. Keberhasilan para tokoh diwujudkan melalui sikap toleransi, peduli, dan saling menghormati perbedaan kultural demi termanifestasinya semboyan bangsa Indonesia Bhinneka Tunggal Ika. Berdasarkan hal tersebut, tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) interaksi multikultural dalam novel Harmoni dalam “?” Karya Melvi Yendra dan Andriyati, (2) problem identitas multikultural dalam novel Harmoni dalam “?” Karya Melvi Yendra dan Andriyati, dan (3) pemanfaatan hasil kajian multikultural dalam novel Harmoni dalam “?” Karya Melvi Yendra dan Andriyati sebagai alternatif materi pembelajaran sastra untuk SMA.
Rancangan dan jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini ialah kutipan-kutipan baik kata, kalimat, maupun paragraf dalam novel Harmoni dalam “?” karya Melvi Yendra dan Andriyati yang memuat wacana multikultural. Sumber data yang digunakan ialah novel Harmoni dalam “?” karya Melvi Yendra dan Andriyati, jurnal ilmiah dan artikel yang memuat wacana multikultural, serta silabus mata pelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik analisis Miles dan Huberman. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah peneliti sendiri sebagai instrumen utama ditunjang instrumen pendukung meliputi instrumen pengumpul data dan instrument analisis data. Prosedur penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas tiga tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyelesaian.
Hasil pembahasan penelitian ini yang pertama, terdapat interaksi multikultural pada novel Harmoni dalam “?” berupa interaksi harmonis dan disharmoni. Interaksi harmonis diindikasikan melalui adanya keselarasan dan keserasian dalam hubungan antarkultur, yakni persahabatan, kekeluargaan, kerjasama bisnis, dan kerjasama lintas kultur. Sebaliknya, interaksi disharmoni ditunjukkan melalui terputusnya pertemanan, hubungan keluarga, perpecahan internal jemaat keagaman, dan konflik antaragama. Kedua, problem identitas multikultural pada novel Harmoni dalam “?” meliputi problem identitas subjek individual dan problem identitas kelompok kultural termasuk juga problem representasi kelompok kultural. Lika-liku perjuangan para tokoh dalam mengatasi problematika masing-masing serta keberhasilan mereka dalam mewujudkan lingkungan masyarakat multikultural yang harmonis merupakan hal baik dan dapat dijadikan teladan untuk menghadapi tantangan bermasyarakat di masa kini. Ketiga, hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai alternatif materi pembelajaran sastra SMA, khususnya pada KD 3.20 dan KD 4.20.