Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Cerita Materi Pecahan Campuran Berdasarkan Teori Newman pada Siswa Kelas V SDN Sabrang 02 Ambulu
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal cerita materi pecahan campuran berdasarkan teori Newman, dan menemukan faktor-faktor penyebabnya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan analisis data statistika deskriptif khusus untuk menganalisis kesalahan. Penelitian dilaksanakan di SDN Sabrang 02 Ambulu Jember pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 dengan subyek penelitian sejumlah 24 siswa kelas V. Penelitian diawali dengan pendahuluan, menyiapkan instrumen dan pengujian instrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Penelitian dilakukan dengan 3 cara pengambilan data yang meliputi tes, pemberian angket dan wawancara pada siswa. Penelitian yang dilakukan memperoleh hasil berupa rangking kesalahan siswa berdasarkan teori Newman dari tingkat kesalahan tertinggi ke tingkat kesalahan terendah sebagai berikut; 1. Tahapan keterampilan proses (27%), 2. Tahapan penulisan hasil akhir (26%), 3. Tahapan transformasi (25%), 4. Tahapan memahami (12%), dan 5. Tahapan membaca (10%). Persentase tertinggi faktor penyebab kesalahan siswa terdapat pada faktor kesalahan prinsip 41,5%, kesalahan konsep 34,1%, dan faktor kesalahan operasi 24,4%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa, kemampuan siswa dalam mengerjakan soal cerita materi pecahan campuran tipe HOTS masih rendah dan perlu ditingkatkan, agar tidak mengulangi kesalahan yang sama dan dapat menunjang nilainya.