Penerapan Model Problem Based Learning Pbl Dengan Media Video untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Macam-Macam Gaya Di Kelas 4 SD Negeri 3 Rogojampi
Abstract
Permasalahan pembelajaran yang ada di SD Negeri 3 Rogojampi berdasarkan hasil observasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan model PBL dengan media video yaitu adanya permasalahan seperti proses pembelajaran masih berfokus pada guru, model pembelajaran yang bersifat monoton, tingkat berpikir kritis siswa masih rendah dengan hasil yang sangat rendah. Oleh karena itu, perlu adanya alternatif solusi berupa pembelajaran berbasis masalah (PBL). Dengan pembelajaran berbasi masalah maka mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 3
Rogojampi. Metode penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak 2 siklus. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dari hasil wawancara dan observasi sedangkan data kuantitatif dari keterampilan berpikir dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan model PBL dengan media video maka adanya peningkatan pada keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh data pada siklus I 73% kategori cukup kritis meningkat menjadi 82 kategori kritis pada siklus II. Pada hasil belajar pra siklus diperoleh hasil 64% kategori cukup menjadi 69% dengan kategori yang sama pada siklus I meningkat menjadi 77% kategori baik pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa, penerapan PBL dengan media video dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 3 Rogojampi.