Show simple item record

dc.contributor.authorEKAWATI, Bibi
dc.date.accessioned2023-03-20T07:31:04Z
dc.date.available2023-03-20T07:31:04Z
dc.date.issued2022-07-04
dc.identifier.nim170210201019en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113186
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan evaluasi model Kirkpatrick pada program kursus hantaran yang diselenggarakan oleh LKP Parcelia Jember. Evaluasi model Kirkpatrick yang dilakukan oleh LKP Parcelia merupakan sebuah upaya dalam menganalisis secara detail dalam mengetahui kemampuan keterampilan dan dampak peserta didik dalam mengikuti pelatihan di LKP Parcelia Jember. Hal tersebut dijadikan acuan pada peserta didik dalam meningkatkan kemampuan keterampilan hantaran dan dampak atau hasil peserta didik setelah mengikuti kegiatan program kursus hantaran. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan evaluasi Model Kirkpatrick pada program kursus hantaran yang diselenggarakan LKP Parcelia Jember. Metode yang digunakan pada penelitian ini dengan pendekatan data kualitatif. Penentuan lokasi penelitian menggunakan purposive area yaitu di LKP Parcelia Jember. Penentuan informan penelitian menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Agar lebih akurat maka menggunakan teknik keabsahan data menggunakan peningkatan ketekunan, perpanjangan penelitian, triangulasi sumber dan teknik. Sedangkan analisis data menggunakan analisis interaktif Model Mile and Huberman dimana terdiri dari empat tahap menganalisis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan evaluasi yang dilakukan oleh pihak LKP Parcelia menghasilkan beberapa peningkatan dalam upaya memenuhi tingkat kualitas pada peserta didik dalam program kursus hantaran. Pada penerapan evaluasi tersebut menggunakan model Kirkpatrick dengan tahap 4 level evaluasi yaitu tahap pertama reaksi (reaction) pada tahap ini peserta didik aktif akan adanya pertanyaanpertanyaan yang disampaikan pendidik tentang hantaran, tahap kedua pembelajaran (learning) pada tahap ini peserta didik paham pembelajaran tentang hantaran yang mana peserta didik mampu membuat bentuk-bentuk hantaran yang telah di ajarkan saat teori dan praktek, tahap ketiga perilaku (behavior) pada tahap ini peserta didik setelah pembelajaran berakhir peserta didik tetap mempelajari materi hantaran tersebut dibuktikan dengan cara membuat keterampilan yang sering dibutuhkan seperti membungkus kertas kado membuat dekorasi atau kerajinan untuk peralatan untuk alat tulis dan lainnya, tahap keempat hasil/dampak (result) pada tahap ini dengan adanya kepelatihan peserta didik dapat memiliki keterampilan hantaran untuk digunakan setelah dia lulus ketika dalam dunia berbisnis maupun di dunia kerja bahwa peserta didik memiliki keterampilan hantaran yang diharapkan dapat berguna setelah mengikuti pelatihan tersebut dan ini sudah dibuktikan oleh peserta didik dengan magang di tempat tata rias dengan bermodalkan keterampilan hantaran. Kesimpulan dari penelitian adalah penerapan evaluasi yang dilakukan pihak LKP Parcelia telah berjalan dengan baik, penerapan evaluasi tersebut membentuk kegiatan yang memenuhi dan menunjang kemampuan pada peserta didik sehingga tujuan dari LKP Parcelia Jember dalam menggunakan evaluasi model Kirkpatrick untuk mengetahui hasil belajar serta dampak peserta didik setelah mengikuti kursus pelatihan memenuhi harapan lembaga yang mana peserta didik dapat mengembangkan skill atau keterampilan hantaran. Dan sesuai dengan harapan lembaga sekarang peserta didik telah mendapatkan pekerjaan dibeberapa tata rias dan lembaga di lingkup jember.en_US
dc.description.sponsorshipProf. Dr. H. A.T Hendrawijaya S.H., M.Kes. Frimha Purnamawati S,Pd., M. Pd.en_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectProgram Kursusen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectModel Kirkpatricken_US
dc.titlePenerapan Evaluasi Model Kirkpatrick terhadap Hasil dan Dampak pada Program Kursus Hantaran yang diselenggarakan LKP Parcelia Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Luar Sekolahen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. H. A.T Hendrawijaya S.H., M.Kes.en_US
dc.identifier.pembimbing2Frimha Purnamawati S,Pd., M. Pd.en_US
dc.identifier.validatorIghfirlinaen_US
dc.identifier.finalizationFinalisasi Tanggal 20 Maret 2023_M. Arif Tarchimansyahen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record