Show simple item record

dc.contributor.authorFITRIANI
dc.date.accessioned2023-03-20T07:13:12Z
dc.date.available2023-03-20T07:13:12Z
dc.date.issued2022-07-29
dc.identifier.citationHarvard Styleen_US
dc.identifier.citationHarvard Style
dc.identifier.citationHarvard Style
dc.identifier.citationHarvard Style
dc.identifier.citationHarvard Style
dc.identifier.citationHarvard Style
dc.identifier.citationHarvard Style
dc.identifier.citationHarvard Style
dc.identifier.nim180210204119en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113173
dc.description.abstractSalah satu faktor yang mendukung keberhasilan kurikulum 2013 adalah kreativitas guru dalam memilih metode dan media pembelajaran. Kreativitas guru dalam memilih metode dan media yang bervariasi akan menciptakan aktivitas pembelajaran yang bermakna sehingga akan tercapai tujuan seperti yang diharapkan. Salah satu model pembelajaran inovatif yang diutamakan dalam implementasi kurikulum 2013 adalah Problem Based Learning (PBL). PBL diimplementasikan pada pembelajaran agar membantu peserta didik mengembangkan kemampuan berpikir pemecahan masalah dan keterampilan intelektual. PBL diterapkan dalam bentuk pembelajaran yang menggunakan masalah nyata sebagai bahan utama dalam pembelajaran, yaitu masalah yang terdaat dalam kehidupan sehari-hari dan memiliki manfaat apabila diselesaikan. Pembelajaran ini terdiri atas lima tahapan, yaitu orientasi peserta didik kepada masalah, mengorganisasikan peserta didik belajar, membimbing penyelidikan individual dan kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Namun, perlu adanya media tambahan dalam menyampaikan materi agar dapat menarik perhatian peserta didik yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Perkembangan teknologi dapat dimanfaatkan oleh guru dalam menciptakan media pembelajaran yang bervariasi dan inovatif. Perkembangan teknologi menjadikan semakin beragamnya sumber dan media belajar seperti video, film, web atau internet. Melalui media audio-visual diharapkan dapat menciptakan aktivitas belajar mengajar secara maksimal. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dapat dirumuskan masalah penelitian yaitu “Adakah pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan media audio-visual terhadap hasil belajar peserta didik kelas V pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita SDN 2 Genteng Banyuwangi?”. Penelitian dilakukan pada peserta didik kelas V di SDN 2 Genteng Banyuwangi semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas V yang terdiri 2 kelas yaitu kelas VA dan Kelas VB. Jenis penelitian ini yaitu penelitian quasi eksperimental dengan pola non-equivalent control grup design. Peneliti melakukan uji homogenitas untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar berupa pretest dan posttest yang dianalisis menggunakan rumus uji-t. Hasil perhitungan uji-t pada hasil belajar peserta didik pada ranah kogitif 2,569. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel, diketahui df = 44 pada taraf signifikansi 5%, sehingga diperoleh nilai ttabel = 2,015. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 2,569 > 2,015, sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, sedangkan hasil perhitungan keefektifan relatif sebesar 43,35% dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengruh positif dari penerapan PBL berbantuan media audio-visual terhadap hasil belajar peserta didik. Saran bagi kepala sekolah hendaknya, penelitian ini dapat digunakan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pembelajaran di sekolah serta dijadikan bahan evaluasi dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam proses pembelajaran. Bagi guru hendaknya, penerapan PBL berbantuan media audio- visual dapat menjadi alternatif model pembelajaran inovatif sehingga pembelajarannya lebih bermakna. Bagi peneliti lain hendaknya, penelitian ini dapat memberikan wawasan pengetahuan dalam menggunakan PBL berbantuan media audio-visual di SD serta menjadi pengalaman selama melaksanakan penelitian. Banyak faktor yang dapat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik, sehingga diharapkan peneliti selanjutnya bisa memberikan hasil yang lebih baik lagi.en_US
dc.description.sponsorshipDrs. Hari Satrijono, M.Pd. Dyah Ayu Puspitaningrum SE., M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.subjectMedia Audio-Visualen_US
dc.titlePengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Audio-Visual terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Tema 8 SDN 2 Genteng Banyuwangien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Hari Satrijono, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dyah Ayu Puspitaningrum SE., M.Si.en_US
dc.identifier.validatorratna_3 Januari 2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record