dc.contributor.author | RISQIYAH, Mauilidina | |
dc.date.accessioned | 2023-03-20T07:00:17Z | |
dc.date.available | 2023-03-20T07:00:17Z | |
dc.date.issued | 2022-07-22 | |
dc.identifier.nim | 180210101092 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113163 | |
dc.description.abstract | Pada abad ke-21, siswa dituntut untuk menguasai ketiga kecakapan
yaitu kualitas karakter, kompetensi dan literasi. Saat ini peringkat literasi di
Indonesia masih tergolong rendah. Salah satu upaya Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan tahun 2016 untuk meningkatkan literasi nasional yaitu
dengan mencanangkan program Gerakan Literasi Nasional (GLN). Dimana
salah satu bentuknya adalah literasi numerasi.
Literasi numerasi merupakan kecakapan mengenai angka dan
simbol matematika untuk memecahkan masalah dalam kehidupan seharihari. Kemampuan numerasi menjadi salah satu pembeda tingkat ketertarikan
siswa untuk belajar Matematika. Kemampuan literasi numerasi memiliki
peran penting dalam pembelajaran Matematika. Hal ini disebabkan karena
mata pelajaran matematika tidak terlepas dari kegiatan operasi hitung dan
mengolah data. Kemampuan literasi numerasi yang baik diharapkan dapat
memberikan hubungan positif dengan hasil belajar matematika yang baik.
Secara rasional siswa yang memiliki kemampuan literasi numerasi yang baik
akan mendapatkan hasil belajar matematika yang baik pula.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan jenis
penelitiannya adalah ex-postfacto. Penelitian ini menggunakan metode
korelasi, penelitian korelasional bertujuan untuk menemukan ada tidaknya
hubungan dan apabila ada, berapa eratnya hubungan serta berarti atau tidak
hubungan itu. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes literasi
numerasi yang telah diuji kevalidannya dan dokumentasi nilai ujian tengah
SMP Negeri 8 Jember, dengan jumlah sampel 51 siswa.
Berdasarkan hasil tes yang telah dilakukan, kemampuan literasi
numerasi kelas VIII SMP Negeri 8 Jember pada kategori sedang dengan
persentase sebesar 49,0% dari 51 peserta didik dan nilai rata-rata sebesar
45,196 dan hasil belajar matematika kelas VIII SMP Negeri 8 Jember pada
kategori sedang dengan persentase sebesar 58,8% dari 51 peserta didik dan
nilai rata-rata sebesar 63. Hasil perhitungan SPSS diperoleh
hitung r
lebih besar
dari
tabel r
(0,782>0,273) dengan jumlah responden atau sampel 51 siswa
dengan taraf signifikansi 5%, menunjukkan
H1
diterima dan
H0
ditolak,
artinya terdapat hubungan antara kemampuan literasi numerasi dengan hasil
belajar matematika. | en_US |
dc.description.sponsorship | Drs. Toto Bara Setiawan, M.Si.
Dr. Abi Suwito, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Numeracy literacy ability | en_US |
dc.subject | Learning Outcome | en_US |
dc.subject | Mathematics | en_US |
dc.subject | Literasi Numerasi | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Tatap Muka | en_US |
dc.title | Hubungan Antara Kemampuan Literasi Numerasi dengan Hasil Belajar Matematika pada Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Matematika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Drs. Toto Bara Setiawan, M.Si. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Abi Suwito, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | Ighfirlina | en_US |
dc.identifier.finalization | Finalisasi Tanggal 20 Maret 2023_M. Arif Tarchimansyah | en_US |