Tindak Tutur Ilokusi dalam Iklan Susu Balita di Televisi
Abstract
Iklan adalah salah satu media untuk menyampaikan pesan suatu produk atau jasa kepada konsumen. Penggunaan bahasa dalam iklan dapat dikaji dengan pendekatan pragmatik terutama dari segi tindak tutur. Tindak tutur merupakan tindakan yang dijeniskan dalam bentuk tuturan. Salah satu iklan di televisi yang menampilkan tindak tutur adalah iklan susu balita. Tindak tutur yang terjadi dalam wacana iklan susu balita ditelevisi menggunakan berbagai jenis tindak tutur dengan modus yang berbeda-beda. Penggunaan berbagai jenis dan modus dalam iklan susu balita tersebut bertujuan untuk memersuasif calon kosumennya. Sehubungan dengan hal itu, maka permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah jenis dan modus tindak tutur dalam iklan susu balita di televisi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, simak dan catat. Teknik analisis data menggunakan analisis data model interaktif. Hasil penelitian ini ditemukan jenis tindak tutur (1) asertif menyatakan dan mengemukakan pendapat, (2) tindak tutur direktif meliputi direktif memerintah, menyarankan dan (3) tindak tutur ekspresif yaitu berupa pujian. Modus tindak tutur (1) deklaratif , (2) imperatif dan (3) interogatif.