Show simple item record

dc.contributor.authorNISA, Vira Aufi Denta Istaufa
dc.date.accessioned2023-03-20T02:52:09Z
dc.date.available2023-03-20T02:52:09Z
dc.date.issued2022-11-25
dc.identifier.nim170210101042en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113104
dc.description.abstractBudaya sebenarnya menentukan bagaimana peserta didik mengatasi masalah, termasuk masalah matematika. Salah satu bentuk penerapan etnomatematika dalam pembelajaran matematika adalah penggunaan motif batik dan bangunan untuk konsep geometri. Guru harus mempersiapkan media pembelajaran yang efektif, inovatif, dan kreatif dengan mengintegrasikan etnomatematika sebagai pendekatan budaya dalam pembelajaran matematika untuk menunjang hasil belajar peserta didik pada pembelajaran daring pada masa New Normal Pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-module berbasis etnomatematika pokok bahasan segi empat. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Siliragung. Pemilihan tempat uji coba produk dikarenakan di sekolah tersebut mengintegrasikan etnomatematika berupa batik gajah oling sebagai salah satu seragam dalam kegiatan belajar mengajar sehingga peserta didik dekat dengan budaya Banyuwangi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Desain pengembangan e-module berbasis etnomatematika pokok bahasan segi empat menggunakan model ADDIE. Pemilihan model ini dikarenakan tahapan pengembangan perangkat pembelajaran lebih sistematis serta melibatkan beberapa ahli sebelum dilakukan uji coba kepada peserta didik yang kemudian akan direvisi hingga dapat diuji cobakan. Terdapat lima tahap pengembangan e-module, yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Metode pengumpulan data meliputi metode tes dan angket. Penelitian ini menggunakan x beberapa instrumen yaitu soal tes berbasis etnomatematika pokok bahasan segi empat, angket respon penggunaan oleh guru dan angket respon peserta didik. Data yang telah diperoleh selanjutnya dilakukan analisis data. Metode analisis data pada penelitian ini diantaranya terdapat analisis validitas, analisis kepraktisan dan analisis keefektifan. Hasil analisis validasi instrumen dinyatakan valid karena memperoleh sebesar 3,86 oleh ahli media dan sebesar 3,73 oleh ahli materi. Instrumen lain seperti soal tes e-module berbasis etnomatematika, angket respon penggunaan oleh guru dan angket respon peserta didik dinyatakan valid dengan nilai berturut - turut 3,58, 3,83 dan 3,85. Hasil analisis kepraktisan e-module berbasis etnomatematika diperoleh Skor Kepraktisan (SK) sebesar 88,5% oleh guru sehingga diperoleh kategori “sangat baik” dan 84,5% oleh siswa sehingga diperoleh kategori “baik”. Adapun hasil analisis keefektifan e-module berbasis etnomatematika diperoleh ketuntasan dengan rata – rata nilai 82 maka hasil belajar dinyatakan tuntas secara klasikal. Berdasarkan hasil analisis kevalidan, analisis kepraktisan dan analisis keefektifan e-module dinyatakan valid, praktis dan efektif. Bagi peneliti lain yang akan melakukan penelitian sejenis, disarankan untuk mengembangkan penelitian lanjutan. Penelitian ini hanya melihat proses pengembangan dan hasil pengembangan e-module berbasis etnomatematika. Penelitian selanjutnya dianjurkan mengembangkan e-module berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectPENGEMBANGANen_US
dc.subjectE-MODULEen_US
dc.subjectETNOMATEMATIKAen_US
dc.titlePengembangan E-Module Berbasis Etnomatematika Pokok Bahasan Segi Empaten_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPENDIDIKAN MATEMATIKAen_US
dc.identifier.pembimbing1Dra. Titik Sugiarti, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Lela Nur Safrida, S.Pd., M.Pd.en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record