Profil Kemampuan Berpikir Kreatif dan Inovatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Open-Ended Bangun Ruang
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profil berpikir kreatif dan inovatif siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi bangun ruang meggunakan tipe soal open-ended. Terdapat empat aspek kemampuan tingkat berpikir kreatif dan inovatif yang digunakan yaitu kefasihan, flexibilitas, kebaruan, dan inovatif. Aspek-aspek tersebut terdiri dari sepuluh indikator. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan wawancara. Subjek penelitian adalah 10 siswa kelas VIII SMP Islam Al-Fatah Lumajang yang merupakan 2 siswa dengan kemampuan sangat kreatif dan inovatif, 2 siswa dengan kemampuan kreatif dan inovatif, 2 siswa dengan kemampuan cukup kreatif dan inovatif, 2 siswa dengan kemampuan kurang kreatif dan inovatif, dan 2 siswa dengan kemampuan tidak kreatif dan inovatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan sangat kreatif dan inovatif mampu memenuhi semua aspek kemampuan tingkat berpikir kreatif. Siswa dengan kemampuan kreatif dan inovatif yaitu kefasihan, kebaruan, dan inovatif. Siswa dengan kemampuan cukup kreatif dan inovatif mampu mencapai mampu memenuhi aspek kefasihan, flexibilitas, dan inovatif. Siswa dengan kemampuan kurang kreatif dan inovatif mampu memenuhi aspek kefasihan dan inovatif. Siswa dengan kemampuan tidak kreatif dan inovatif tidak mampu memenuhi keempat aspek.