Show simple item record

dc.contributor.authorNur Riska Hamidia
dc.date.accessioned2013-12-20T07:08:34Z
dc.date.available2013-12-20T07:08:34Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM080210192047
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11301
dc.description.abstractDewasa ini pengetahuan dan teknologi berkembang pesat, hal tersebut sudah semestinya didukung oleh sistem pendidikan yang berkualitas melalui penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi yaitu penggunaan media berbantu komputer, artinya komputer digunakan sebagai media pembelajaran untuk menyampaikan materi dan melaksanakan eksperimen dalam kegiatan belajar mengajar. Salah satu permasalahan yang terdapat dalam proses pembelajaran fisika saat ini adalah lemahnya proses pembelelajaran dan tidak efektifnya waktu yang diberikan untuk pembelajaran tatap muka dengan guru yaitu empat jam pelajaran fisika dan sering dilakukan percobaan pada materi yang sama dengan menggunakan media secara konvensional yaitu alat-alat percobaan di laboratorium selama proses belajar mengajar dengan cara model mengajar guru yang selalu ceramah. Berdasarkan uraian di atas, untuk menyikapinya guru dapat menggunakan media pembelajaran berbasis e-lerning yaitu dengan mengakses materi yang akan disampaikan melalui internet dan penggunaan komputer dengan simulasi untuk dilakukan eksperimen dengan model Think Pair Share (TPS). Alasan perlunya dilakukan pembelajaran berbasis e-learning adalah agar proses belajar lebih efektif dan dengan model Think Pair Share (TPS) dapat melatih siswa untuk saling berbagi dan tidak menang sendiri.Tujuan dari penelitian ini diantaranya (1) mendeskripsikan pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis e-learning dengan Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar fisika siswa, (2) mendeskripsikan motivasi belajar fisika siswa media pembelajaran berbasis elearning dengan Think Pair Share (TPS), dan (3) mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar fisika siswa setelah menerapkan media pembelajaran berbasis elearning dengan Think Pair Share (TPS). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Jember. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas menggunakan SPSS. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan control group pre-test post-test design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, wawancara, angket, dan tes. Pengaruh media pembelajaran berbasis e-learning dengan TPS dapat diketahui dengan melihat nilai rata-rata post test kelas eksperimen dibandingkan dengan nilai rata-rata post test kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa berarti nilai rata-rata post test kelas eksperimen lebih besar daripada nilai rata-rata post test kelas kontrol. Selain itu, pengaruh media ini dapat diketahui dengan melakukan analisis data menggunakan uji t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika siswa diperoleh nilai dan nilai = 2,004 sehingga , maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar fisika yang signifikan antara penerapan media pembelajaran berbasis elearning dengan Think Pair Share (TPS) dan media pembelajaran secara konvensional. Hasil analisis persentase motivasi belajar siswa diperoleh sebesar 83,1 dan dapat dikategorikan tinggi. Hasil analisis data untuk prosentase ketuntasan hasil belajar siswa kelas VIIIE setelah diterapkan media pembelajaran fisika berbasis e-learning dengan Think Pair Share (TPS) dapat dilihat bahwa prosentase ketuntasan hasil belajar siswa 75,86%, dengan jumlah siswa tuntas belajar sebanyak 22 siswa dan tidak tuntas sebanyak 7 siswa. Hal ini sudah memenuhi kriteria ketuntasan belajar secara klasikal di SMP Negeri 3 Jember yaitu sebesar ≥ 75% Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran fisika berbasis e-learning dengan Think Pair Share (TPS) dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang membuat siswa lebih termotivasi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210192047;
dc.subjectPembelajaran Fisika Berbasis E-Learning, Think Pair Share (TPSen_US
dc.titlePENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS E LEARNING DENGAN THINK PAIR SHARE (TPS) DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record