Penerapan Metode Inkuiri Berbantuan Boneka Cubecraft untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Daerah Tempat Tinggalku di SDN Ambulu 01
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa tema daerah tempat tinggalku subtema 3 kelas IV SDN Ambulu 01 dengan menerapkan metode inkuiri berbantuan boneka cubecraft. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan hasil tes. Penelitian ini menggunakan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Penelitan ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian pada aktivitas belajar siswa siklus I secara klasikal diperoleh persentase 51,93% dengan kategori cukup aktif, pada siklus II diperoleh persentase 71,48% dengan kategori aktif. Penelitian pada hasil belajar siswa siklus I ranah kognitif diperoleh persentase 60,67% dengan kategori cukup baik, pada hasil belajar siswa siklus II diperoleh persentase 75,67% dengan kategori baik. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat bahwa penerapan metode inkuiri berbantuan boneka tangan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV B tema daerah tempat tinggalku subtema 3 di SDN Ambulu 01 tahun pelajaran 2021/2022.