Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis Socio Scientific Issue (SSI) terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Kelas VII
Abstract
Kemampuan literasi sains merupakan salah satu kemampuan yang
dibutuhkan untuk menghadapi perkembangan abad-21. Literasi sains merupakan
kemampuan akan suatu konsep yang berkaitan dengan proses dalam sains.
Namun, kemampuan literasi sains di Indonesia masih terbilang cukup rendah.
Berdasarkan hasil penilaian PISA (Programme for International Student
Assessment) Indonesia berada di peringkat 10 terbawah dari seluruh peserta yang
mengikuti penilaian PISA. Oleh karena itu, diperlukan suatu inovasi pembelajaran
guna meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Salah satu pendekatan yang
dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa adalah pendekatan SSI. SSI
(Socio Scientific Issue) adalah pendekatan yang mengaitkan permasalahan yang
terjadi dalam kehidupan sehari-hari dengan materi yang diajarkan pada siswa
seperti pemanasan global, perubahan iklim dan pencemaran lingkungan
(Mudawamah, 2020).
Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh pembelajaran IPA berbasis
Socio Scientific Issue (SSI) terhadap kemampuan literasi sains siswa SMP kelas
VII. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan
menggunakan nonequivalent pretest-posttest control group design. Penelitian
dilakukan di SMPN 7 Jember pada semester genap tahun 2021/2022 dengan
sampel penelitian kelas VII H (kelas kontrol) dan kelas VII J (kelas eksperimen).
Hasil kemampuan literasi sains dapat diukur berdasarkan peningkatan nilai pretest
ke posttest. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Independent
sample T-test.
Hasil uji Independent sample T-test yang didapatkan adalah nilai
signifikansi (2-tailed) 0.005 lebih kecil daripada nilai P value 0.05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan dari kelas eksperimen dan kelas kontrol terhadap
kemampuan literasi sains siswa. Selanjutnya berdasarkan uji N-gain menunjukkan
bahwa peningkatan kemampuan literasi sains siswa dengan menggunakan
pembelajaran IPA berbasis SSI pada kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 56%
(cukup efektif) dibandingkan kelas kontrol yang hanya 40% (kurang efektif).
Berdasarkan hasil analisis kemampuan literasi sains siswa, kelas eksperimen
mendapat nilai lebih tinggi dalam kategori baik pada tes kemampuan literasi sains.
Kesimpulan penelitian adalah terdapat peningkatan kemampuan literasi sains
siswa yang berarti terdapat pengaruh signifikan dari pembelajaran IPA berbasis
Socio Scientific Issue (SSI) terhadap kemampuan literasi sains siswa SMP kelas
VII.