Pengembangan Lembar Kerja Siswa Kelas IV Tema 9 Kayanya Negeriku Berbasis Kearifan Lokal Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa lembar kerja siswa berbasis kearifan lokal Jember yang teruji validitas serta keefektifannya, sehingga menjadi bahan ajar yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan yang dikenal juga dengan Reaserch Based Developer. Terdapat delapan tahap prosedur penelitian yang dilaksanakan, yakni: penelitian pendahuluan, perencanaan pengembangan produk, pengembangan desain produk awal, validasi desain produk, revisi desain produk awal, uji coba penggunaan, revisi desain produk, dan uji coba keefektifan. Hasil dari pengembangan produk ini dapat diketahui dari uji validitas yang dilakukan oleh dua validator ahli media dan satu validator akhli materi dengan hasil yang didapat 84,25% merupakan kategori sangat layak. Sedangkan, uji keefektifan dilakukan dengan menganalisis hasil belajar (Post-test) siswa kelas IV SDN Seruni 01 yang menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 89,28% merupakan kategori sangat baik. Dari uji validitas serta uji keefektifan dapat disimpulkan bahwa lembar kerja berbasis kearifan lokal Jember layak dan efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.