Pengaruh Permainan Musik Patrol terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Kelompok A Di TK Dharma Wanita 03 Yosowilangun Lor Kabupaten Lumajang
Abstract
Perkembangan sosial-emosional adalah kepekaan anak untuk memahami perasaan orang lain ketika berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari. Dan setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda beda. Peneliti ini ingin menguji coba untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari permainan musik patrol terhadap perkembangan sosial emosional anak kelompok A di TK Dharma Wanita 03 Yosowilangun Lor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Jenis penelitian ini termasuk kuantitatif eksperimental dengan menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Subjek Penelitian ini ada 9 anak kelompok A di TK Dharma Wanita 03 Yosowilangun Lor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis wilcoxson signed rank test. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari permain musik patrol terhadap perkembangan sosial emosional anak kelompok A di TK Dharma Wanita 03 Yosowilangun Lor. Setelah dilakukan perlakuan atau treatment kepada kelompok eksperimen selama 11 kali pertemuan, hasil perhitungan uji wilcoxon menggunakan SPSS versi 21.0 diketahui bahwa sosial emosional anak sebelum diberikan treatment diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 15,00 dengan standar deviasi 2,06. Setelah diberikan treatment diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 19,56 dengan standar deviasi 2,19. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan sosial emosional anak dari sebelum dan sesudah diberikan treatment.