Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Tema Berbagai Pekerjaan Pada Siswa Kelas Iv Di Sdn Paleran 02 Jember
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar dan
meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Paleran 02 Jember dengan
menerapkan pendekatan saintifik dengan menggunakan media gambar. Jenis
penelitian ini adalah tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan setiap
siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksaanan tindakan, observasi dan
refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Paleran 02 Jember yang
berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi,
wawancara dan tes tulis. Dari hasil observasi yang dilakukan, aktivitas
pembelajaran yang menggunakan pendekatan saintifik dengan menggunakan
media gambar telah terlaksana dengan baik. Data hasil belajar menunjukkan
peningkatan dari siklus I ke siklus II, pada siklus I presentase kentuntasan yang
diperoleh sebesar 78,0% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,5%. Dari hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik berbantu
media gambar dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar tema
berbagai pekerjaan pada siswa kelas IV di SDN Paleran 02 Jember,